Segar dan Gurihnya Semangkuk Bakso Ikan Tenggiri | Breaktime
Segar dan Gurihnya Semangkuk Bakso Ikan Tenggiri
25.10.2015

B’timers gemar memakan bakso berbahan dasar daging atau ayam? Bagaimana dengan bakso ikan tenggiri? Well, bakso satu ini juga tak kalah lezatnya, lho! Bahkan, tekstur daging bakso ikan akan terasa lebih lembut dan gurih yang bakal bikin lidah terus bergoyang. Tak perlu harus ke luar rumah, sebab B’timers bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak bahan-bahannya:

Segar dan Gurihnya Semangkuk Bakso Ikan Tenggiri | Breaktime
Lezatnya bakso ikan tenggiri dengan kuahnya yang gurih

Bahan-bahan:

300 gr ikan tenggiri, giling halus

½ sdt kaldu ayam bubuk

1 butir telur

100 ml air es

30 gr tepung sagu

1 batanag daun bawang, iris halus

Bahan kuah bakso:

1,5 liter kaldu ayam

1 tangkai daun seledri

1 sdm garam

¼ sdt merica bubuk

Cara membuat bakso ikan:

  • Campur bahan-bahan seperti ikan tenggiri, utih telur, kaldu ayam bubuk, dan garam. Uleni hingga rata.
  • Setelah itu, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Untuk hasil yang maksimal, B’timers bisa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Tambahkan pula tepung sagu dan daun bawang secara perlahan dan aduk rata.
  • Ambil sebagian adonan dengan menggunakan sendok dan bentuk menjadi bulat. Setelah itu, masukkan dalam air es dan lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.
  • Panaskan air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan bakso ke dalamnya dan masak hingga matang. Untuk mengetahuinya, B’timers akan melihat bakso yang sudah matang akan mengambang ke permukaan.
  • Kini, buatlah kuah bakso ikan dengan merebus kaldu ayam bersama dengan garam, daun seledri, dan merica bubuk. Masak hingga mendidih.

Baca juga: LEZATNYA PERPADUAN SAYUR DAN DAGING DALAM BAKSO LO HOA

Tuangkan kuah ke dalam mangkok dan masukkan daging bakso. B’timers juga bisa menambahkan tauge, sla, serta mie sohun sebagai pelengkap. Kenikmatan cita rasa bakso ikan tenggiri juga akan bertambah bila Anda menaburkan potongan bawang goreng, sambal, kecap, serta krupuk! Yummy!

Share This Article