Sedap! Ini Resep Nasi Goreng Tuna Homemade | Breaktime
Sedap! Ini Resep Nasi Goreng Tuna Homemade
22.01.2017

B’Timers, bagi Anda yang gemar mengkonsumsi hidangan seafood tentu tidak asing dengan ikan tuna, bukan? Ikan laut dengan rasa yang sangat khas ini telah dikonsumsi oleh umat manusia sejak tahun 2000 SM. Dan terlepas dari kontroversi mengenai kandungan merkuri yang ada dalam ikan tuna berpotensi menimbulkan keracunan, ikan tuna memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Ikan tuna merupakan sumber dari lemak omega 3. Kandungan omega 3 yang tinggi di dalam ikan tuna memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kadar lemak kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga bagi Anda yang memiliki gejala penyakit jantung koroner, mengkonsumsi ikan tuna dapat membantu menurunkan resiko terjadinya serangan jantung mendadak.

Selain itu, perpaduan antara omega 3 dan potassium sangat berperan dalam mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Apabila Anda memiliki tekanan darah yang seimbang, maka secara otomatis Anda akan terhindar dari resiko terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit stroke. Ikan tuna juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun benteng pertahanan melawan penyakit mematikan, yaitu kanker.

Hal itu dikarenakan ikan tuna memiliki kadar selenium dan komponen-komponen nutrisi yang lainnya yang berperan sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Dan sudah pasti, B’Timers juga sudah mengetahui dengan baik bahwa zat antioksidan adalah zat yang mampu membasmi dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya, bukan?

Dan tahukah Anda bahwa ternyata ikan tuna merupakan salah satu bahan makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang mengandung? Para ahli kesehatan sering menyarankan ibu yang sedang mengandung, terutama bagi yang baru saja menginjak usia kehamilan awal untuk lebih rajin mengkonsumsi ikan tuna.

Ikan tuna memiliki molekul bernama peptida yang muncul saat proses pemasakan, dan molekul tersebut adalah molekul antioksidan yang berfungsi untuk merawat sel-sel otak, hingga memungkinkan otak untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi janin, kandungan molekul tersebut dapat membantu proses pembentukan sel-sel otak yang kuat sehingga mampu mencegah terjadinya kecacatan pada otak. Selain itu bagi orang dewasa, mengkonsumsi ikan tuna juga dapat membantu memperkuat daya ingat. Dan tentu saja, masih banyak lagi manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh, seperti membantu meredakan pembengkakan, memperlancar aliran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu program penurunan berat badan.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam manfaat yang diberikan oleh ikan tuna, tentunya membuat Anda tergoda untuk menjadikan ikan ini sebagai salah satu menu makanan Anda, bukan? Bagaimana jika Anda menyantap nasi goreng tuna untuk sarapan atau makan malam Anda hari ini? Terdengar lezat? Yuk, simak resep nasi goreng tuna di bawah ini!

Bahan-Bahan:

  • 1 piring nasi putih
  • 100 gram tuna kaleng
  • 1 butir telur yang sudah dikocok
  • 50 gram sayuran beku
  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • Daun bawang iris secukupnya
  • 1 sendok makan minyak goreng
Sedap! Ini Resep Nasi Goreng Tuna Homemade | Breaktime
Anda juga dapat menyesuaikan topping sesuai selera!

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang merah dengan sedikit minyak hingga berbau harum. Tambahkan bawang putih, dan tumis kembali.
  2. Masukkan telur ke dalam wajan dan aduk hingga telur orak-arik matang.
  3. Tambahkan ikan tuna kaleng, sayuran beku, dan aduk kembali hingga seluruh bahan menjadi rata.
  4. Masukkan nasi putih, dan aduk kembali hingga rata.
  5. Tambahkan saus tiram, kecap ikan, merica bubuk, dan daun bawang. Aduk kembali seluruh bahan hingga tercampur rata.
  6. Cicipi rasa nasi goreng sebelum mematikan kompor. Lakukan penyesuaian rasa, jika belum terasa sedap Anda dapat menambahkan garam atau merica bubuk sesuai selera.
  7. Angkat nasi goreng dan sajikan di atas piring.
  8. Nasi goreng siap untuk disajikan.

Selamat bereksperimen, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE