Resep Unik dan Sedap Ayam Bakar Bumbu Rujak | Breaktime
Resep Unik dan Sedap Ayam Bakar Bumbu Rujak
12.06.2017

Ayam bakar pada umumnya menggunakan bumbu kecap atau madu, tapi pernahkah B’timers mendengar tentang ayam bakar bumbu rujak? Tentu ini merupakan hal baru. Salah satu masakan favorit masyarakat Indonesia yang sangat digemari salah satunya adalah ayam bakar. Apalagi jika ayam bakar ini kita kombinasikan dengan bumbu rujak, yang dimana kita tahu bumbu rujak terkenal akan rasanya yang pedas. Jika anda sudah pernah mencobanya pasti anda akan ketagihan, dan bagi anda yang belum pernah mencobanya ini adalah kesempatan untuk mengenal resep ayam bakar yang sedap.

Biasanya ayam bakar bumbu rujak ini disajikan ketika ada selamatan. Tetapi dalam moment – moment lain juga ayam bakar bumbu rujak ini kerap dijadikan sajian utama. Seperti hari raya Lebaran dan acara kumpul keluarga lainnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ayam Geprek Mozarella Buat Rasa Lapar Terbayar

Cara membuat ayam bakar bumbu rujak ini termasuk mudah. Bahan – bahan yang dibutuhkan meliputi 1 ekor ayam kampung yang tidak terlalu besar, 1 butir jeruk nipis, 3 sendok minyak goreng. Untuk bahan – bahan yang dihaluskan yaitu 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 10 buah cabai merah keriting, setengah sendok the terasi matang, 2 sendok gula merah, 3 butir kemiri, 2 sendok teh garam, 3 lembar daun jeruk, 1 batang serai, 2 sendok air asam jawa, 400 ml santan cair, 600 ml santan kental.

Langkah – langkah pembuatannya diawali dengan potong daging ayam menjadi 4 bagian. Lumuri daging ayam dengan air perasan jeruk nipis, setelah itu diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dan sisihkan dahulu. Kedua, panaskan minyak goreng dan tumis semua bumbu halus beserta daun jeruk dan serai hingga harum. Ketiga, masukkan daging ayam, aduk, kemudian berilah santan cair. Masak hingga ayam setengah matang. Keempat, tambahkan santan kental, teruskan masak hingga ayam empuk. Kelima, angkat daging ayamnya kemudian bakar diatas bara sambil sesekali oleskan bumbu santannya. Terakhir, siapkan piring dan sajikan ayam bakar bumbu rujak selagi panas.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Ayam Goreng Unik, Buttermilk Fried Chicken
Resep Unik dan Sedap Ayam Bakar Bumbu Rujak | Breaktime
Ayam bakar kaya akan bumbu nan menggoda

Kalau melihat tampilannya, resep ayam bakar bumbu rujak ini memang mirip dengan resep ayam bumbu bali yang dibakar karena memang keduanya didominasi warna merah dari bahan buah cabai yang digunakan. Tetapi setelah jadi, cita rasa ayam bakar bumbu rujak ini lebih terasa enak dan terasa lebih gurih dan manis karena bumbu ayam bakar yang digunakan memang lebih komplit. Selain itu kita juga menggunakan santan yang kental dan dicampur dengan air asam jawa sehingga aroma gurihnya bisa tercium walaupun belum mencicipinya. Untuk ayam yang digunakan sangat disarankan memakai ayam pejantan atau ayam kampung karena dagingnya lebih gurih. B’timers tidak perlu takut dagingnya nanti terasa alot karena sudah direbus sebelum dibakar. Kalau mau, ayam potong atau broiler bisa juga digunakan untuk membuat resep ayam bakar ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenyang Lebih Lama, Sahur Dengan Grilled Chicken

Dengan cara bakar ayam seperti diatas sambil sering diolesi bumbunya, citarasa resep ayam bakar bumbu rujak diatas akan terasa lebih nikmat dan legit untuk disantap bersama nasi putih yang masih hangat dan lalapan sayuran seperti buah mentimun, daun kemangi dan yang lainnya. Resep masakan ayam bakar diatas cocok sekali buat teman teman atau anggota keluarga yang lain yang biasanya sudah bosan dengan resep ayam yang itu-itu saja. Yuk, B’timers cobain resep unik ayam bakar bumbu rujak ini! Saatnya memberikan yang spesial untuk keluarga tercinta.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE