Resep Ubi Marshmallow Pemanis Akhir Minggu Anda | Breaktime
Resep Ubi Marshmallow Pemanis Akhir Minggu Anda
28.02.2016

Akhir minggu memang saat yang tepat untuk menikmati kudapan yang manis-manis bersama keluarga Anda. Ubi adalah salah satu camilan yang lezat sekaligus menyehatkan untuk dihidangkan selama akhir pekan. Apalagi dengan tambahan marshmallow di atasnya. Yum! B’timers pasti sudah membayangkan kelembutan ubi dengan manis dari marshmallow. Tidak sabar untuk membuatnya kan? Check this out, B’timers!

Resep Ubi Marshmallow Pemanis Akhir Minggu Anda | Breaktime
Warna oranye yang kaya akan vitamin A dan serat
bahan - bahan :
  • 2000 gram ubi jalar
  • 200 gram mentega
  • 165 gram gula cokelat
  • 300 gram marshmallow, bagi menjadi tiga bagian
  • 2 sendok teh bubuk kayu manis
  • 2 sendok teh pala bubuk

Cara membuat :

1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 200o C. Lalu lumuri permukaan loyang berukuran sedang dengan menggunakan sedikit mentega atau minyak.

2. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan ubi jalar yang sudah dicuci bersih ke dalam air yang mendidih. Masak hingga setengah matang kira-kira 15 menit. Angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, kupas kulit ubi dengan menggunakan sendok atau tangan.

3. Panaskan penggorengan dengan api sedang, lalu masukkan mentega, gula cokelat, bubuk kayu manis, pala bubuk, dan 2 bagian dari marshmallow Anda. Aduk dan masak hingga marshmallow meleleh.

4. Masukkan ubi yang sudah dikupas dan dipotong-potong  ke dalam saus marshmallow. Aduk perlahan sambil dilumatkan agar tidak berupa  bongkahan-bongkahan ubi. Masak hingga seluruh ubi terlapisi dengan saus marshmallow.

5. Tuangkan adonan ubi marshmallow ke dalam loyang yang sudah Anda Persiapkan sebelumnya. Masukkan loyang dalam oven dan biarkan masak selama 15 menit.

6. Setelah 15 menit, keluarkan loyang dalam oven dan tata rapi marshmallow yang tersisa di atas adonan ubi dalam loyang. Kembali masukkan dalam oven dan masak hingga permukaan marshmallow berwarna kecokelatan.

7. Sajikan untuk keluarga selagi hangat.

Resep Ubi Marshmallow Pemanis Akhir Minggu Anda | Breaktime
Gunakan kulit ubi sebagai wadah mempercantik penampilan masakan Anda

Taburi dengan potongan kacang sebelum ditumpuk dengan marshmallow dapat menambah kaya rasa dari ubi marshmallow buatan Anda. Jika B’timers tidak suka dengan tekstur yang dihasilkan dari ubi rebus, Anda bisa mematangkan ubi dengan cara dikukus terlebih dahulu. Ubi kukus memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih manis dari ubi rebus.

Selain loyang, B’timers juga bisa menggunakan kulit ubi yang dibagi dua dan diambil dagingnya sebagai wadah ubi marshmallow Anda. Kudapan yang cantik dan manis siap menjadi favorit keluarga dan teman-teman Anda. Selamat mencoba, B’timers! (ft)

Share This Article