Resep Spaghetti Carbonara Rasa Bintang Lima | Breaktime
Resep Spaghetti Carbonara Rumahan Rasa Bintang Lima
16.12.2015

Kreasi spaghetti tidak pernah habis dimakan zaman. Makanan khas dari Italia ini selalu berhasil membuat lidah B’timers rindu ingin mencicipinya. Sekarang B’timers tidak usah repot-repot pergi ke restoran termahal di kota Anda. Anda cukup menyiapkan beberapa bahan dan menyempatkan waktu sebentar untuk memasaknya di rumah. 

Resep Spaghetti Carbonara Rasa Bintang Lima | Breaktime
Bahan-bahan segar siap diolah
bahan - bahan :
  • 400 gram spaghetti
  • 80 gram keju parmesan
  • 150 gram daging ham
  • 2 butir bawang putih
  • 6 butir telur
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Pisahkan kuning telur dengan putihnya. Campur kuning telur dengan keju parmesan dan lada hitam, kocok hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Masak spaghetti di dalam air mendidih yang sebelumnya sudah diberi sedikit garam hingga setengah matang (al dente). Angkat.
  3. Panaskan minyak, masukkan ham yang sudah diiris kotak tipis-tipis hingga setengah matang. Lalu tambahkan bawang putih yang sudah pipihkan ke dalam ham. Aduk rata, masak hingga matang.
  4. Setelah ham matang, angkat bawang putih yang tadi dimasukkan dan tambahkan sedikit air. Biarkan air menyusut terlebih dahulu baru masukkan spaghetti yang sudah ditiriskan tadi. Aduk rata. Matikan api jika sudah tercampur dengan baik.
  5. Tambahkan campuran kuning telur dan parmesan keju ke dalam spaghetti, aduk dengan perlahan. Pastikan adonan telur menutupi pasta dengan baik. Tambahkan beberapa sendok air jika perlu untuk mendapatkan saus yang pas tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  6. Tambahkan garam dan lada hitam jika diperlukan. Pindahkan ke piring saji, tambahkan keju parmesan dan sejumput lada hitam di atas spaghetti. Sajikan.

Lagkah-langkahnya tidak terlalu rumit kan? B’timers bisa membuatnya kapan saja sebagai teman nonton film ketika weekend atau sebagai sajian untuk keluarga jauh yang datang berkunjung. Ham bisa diganti dengan sosis dan bacon jika suka. Bisa juga diganti dengan pipilan jagung manis lho, B’timers.

Tips lainnya adalah jangan membuang air rebusan spaghetti terlebih dahulu. Gunakan untuk memasak spaghetti carbonara. Menambahkan beberapa sendok akan membuat spaghetti Anda semakin lezat daripada memakai air tawar biasa karena sebelumnya air tersebut sudah diberi garam dan rasa khas spaghetti juga ada dalam air rebusan tersebut. Selamat mencoba! (ft).

Share This Article