Resep Soto Ayam Lezat dengan Kuah Spesial | Breaktime
Resep Soto Ayam Lezat dengan Kuah Spesial
12.06.2017

Siapa yang tidak pernah makan soto ayam? Sebagai orang Indonesia yang mencintai kulinernya, sudah pasti B’timers pernah mencicipi soto ayam baik itu bikinan ibu atau di restoran. Makanan khas nusantara yang sejenis sup ayam ini memiliki kuah yang berwarna kekuningan sebagai daya tariknya. Warna kuning itu sendiri dikarenakan adanya kunyit yang merupakan salah satu bumbu inti di dalamnya. Soto ayam ini sangatlah popular dan bisa ditemukan di segala penjuru Indonesia dengan berbagai ciri khas di setiap daerah. Bahkan hingga ke luar negeri seperti Singapura.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Soto Betawi Ini Dijamin Buat Anda Tergiur

Soto ayam pada umumnya disajikan bersama lontong atau nasi putih sebagai hidangan. Sebagai tambahan, soto ayam biasanya disandingkan dengan sambal agar terasa lebih nikmat bagi penyuka pedas, dan juga kerupuk atau koya agar lebih gurih. Resep soto ayam lezat dengan kuah spesial ini dibuat dengan bumbu khas nusantara seperti telur rebus, irisan kentang, bawang goreng dan daun seledri dan rempah lainnya untuk menambah variasi rasa soto ayam ini. Selain itu juga bisa ditambah soun, kol, tomat dan taoge untuk mempercantik tampilannya.

Yuk, kita simak cara membuat soto ayam lezat dengan kuah spesial. Kenapa kuahnya spesial? Karena kuahnya tak kalah gurih dengan daging ayamnya. Ditambah lagi dengan perasan jeruk limau, dijamin mantap di lidah. Resep soto ayam ini bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia dengan variasi yang beragam untuk memberikan ciri khas setiap daerah.

Resep Soto Ayam Lezat dengan Kuah Spesial | Breaktime
Olahan resep soto ayam yang menggugah selera

Resep soto ayam lezat dengan kuah spesial yang akan kita buat meliputi bahan-bahan seperti ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan 1 potong, kol 200 gram, taoge 200 gram, kentang rebus 4 buah, tomat 2 buah, soun 50 gram, telur rebus 3 butir, air 2 liter, dan bawang goreng secukupnya. Untuk bumbunya siapkan daun jeruk 3 lembar, serai 2 batang, daun salam 2 lembar, daun bawang 1 batang, lengkuas 25 gram, dan minyak goreng secukupnya. Juga dibutuhkan bumbu yang sudah dihaluskan seperti kunyit 5 gram, kemiri 4 buah, jahe 15 gram, bawang merah 3 buah, bawang putih 2 siung, merica setengah sendok teh, dan garam secukupnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Rahasia di Balik ‘Cetar’nya Soto Banjar

Cara membuat soto ayam lezat dengan kuah spesial ini sangatlah mudah. Pertama, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, aduk beberapa saat hingga terasa aroma nya. Kedua, rebus ayam kedalam panci bersamaan dengan bumbu yang sudah ditumis tadi campur juga dengan lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai. Membutuhkan waktu 30 menit hingga daging benar – benar empuk, dan untuk hasil lebih memuaskan menggunakan panic presto bisa menjadi pilihan. Ketiga, tambahkan garam atau merica seperlunya. Kemudian pisahkan tulang dari daging menggunakan pisau, dan masukkan kembali tulangnya ke dalam panci. Terakhir, masukkan potongan daun bawang kemudian hangatkan lagi untuk dihidangkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Yuk, Buat Sendiri Soto Lamongan yang Gurih Menggugah Selera

Untuk menghidangkannya, ambil mangkuk dengan ukuran secukupnya. Isilah dengan kol, taoge, irisan kentang, soun, tomat, telur, dan daging ayam. Sirami dengan kuah soto yang mendidih. Tambahkan irisan jeruk nipis, koya, dan bawang goreng di atasnya agar lebih nikmat. Hidangkan dengan kecap manis, cuka, kerupuk, dan sambal untuk kenikmatan yang maksimal.

Resep ini bisa anda coba di rumah dan sangat cocok untuk dihidangkan untuk buka puasa bersama keluarga. Soto ayam lezat dengan kuah spesial ini merupakan kuliner khas nusantara yang enak disajikan dalam keadaan panas. Jadi tunggu apalagi B’timers? Yuk, cobain resep ini!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE