Resep Sorbet Aneka Buah untuk Sambut Musim Panas | Breaktime
Resep Sorbet Aneka Buah untuk Sambut Musim dan Cuaca Panas
18.01.2016

Dalam beberapa bulan lagi musim penghujan akan digantikan oleh musim panas. Teriknya sinar matahari akan selalu menemani B’timers setiap hari. Sebelum hawa panas menghantui hari B’timers, tidak ada salahnya lho, mempelajari resep sorbet aneka buah yang satu ini.

Selain mudah untuk direalisasikan, buah yang Anda gunakan disesuaikan dengan selera Anda. Membuat berbagai jenis sorbet dalam satu waktu bisa jadi sajian musim panas yang menyegarkan.

Resep Sorbet Aneka Buah untuk Sambut Musim Panas | Breaktime
“Buah apa ya, yang enak dibuat sorbet kali ini?”
bahan - bahan :
  • 1 kg buah segar
  • 250 gram gula
  • 100 ml air
  • 1-4 sendok makan air jeruk lemon atau jeruk nipis

Cara membuat :

  1. Cuci dan kupas kulit buah, potong kecil-kecil daging buah. Haluskan bersama perasan air jeruk lemon di dalam food processor hingga benar-benar tidak ada daging buah yang masih berbentuk bongkahan.
  2. Pindahkan bubur buah yang sudah halus ke dalam mangkuk besar, lalu masukkan ke dalam kulkas hingga membeku.
  3. Tambahkan air dan gula ke dalam panci, panaskan dengan api kecil. Aduk terus menerus selama 4 menit hingga gula larut sempurna dalam air. Setelah mendidih, matikan api. Tuang sirup dalam wadah tertutup dan dinginkan dalam suhu ruangan atau lemari pendingin setidaknya 30 menit.
  4. Campurkan bubur buah yang membeku dengan sirup dingin dalam satu wadah besar. Aduk merata, tutup wadah dengan plastic wrap. Dinginkan dalam freezer selama setidaknya 7-8 jam hingga membeku.
  5. Setelah membeku, keluarkan dari dalam freezer dan hancurkan es sorbet dengan menggunakan sendok. Untuk hasil yang lebih menyerupai es krim, gunakan food processor untuk menghancurkan bongkahan es tersebut.
  6. Masukkan kembali dalam wadah yang tertutup plastic wrap. Bekukan dalam freezer selama setidaknya 3 jam.
  7. Untuk penyajian, keluarkan wadah dari freezer dan sekop sorbet dengan sendok. Letakkan di dalam mangkuk kecil, hiasi dengan daun mint di atasnya.
Resep Sorbet Aneka Buah untuk Sambut Musim Panas | Breaktime
Sajikan dengan daun mint segar

Banyaknya gula menjadi kunci utama membuat sorbet. Jika kelebihan maka sorbet akan jadi slushy, sedangkan jika kekurangan akan menyerupai es batu. Untuk mengetahui bahwa Anda menggunakan takaran gula yang pas adalah dengan meletakkan telur yang sudah dicuci bersih ke dalam sorbet yang belum dibekukan.

Gula sudah pas jika telur mengapung sedikit sehingga menampakkan bulatan seukuran koin. Jika telur tenggelam maka B’timers perlu menambahkan gula, sedangkan jika bulatan lebih besar dari koin maka B’timers perlu menambahkan air ke dalam sorbet Anda.

Pilihan buah yang cocok untuk suasana tropis seperti mangga dan pisang, sedangkan buah untuk acara keluarga bisa dengan stroberi, anggur, dan buah persik. B’timers juga bisa membuat sorbet di dalam ice cream maker, maka Anda akan membutuhkan waktu lebih cepat untuk membekukannya.

Nah, diijamin kini B’timers tak perlu lagi membeli es di warung, sebab sudah tersedia sorbet aneka buah ini dalam kulkas. Sambut musim kering yang panas dengan segarnya sorbet, ya! (ft)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE