Resep Simple Bola-bola Kacang Coklat Tanpa Oven! | Breaktime
Resep Simple Bola-bola Kacang Coklat Tanpa Oven!
21.01.2017

Tak ada yang jauh lebih menyenangkan bagi anak-anak dibandingkan dengan camilan yang terbuat dari selai kacang dan coklat. Nah, mumpung akhir pekan telah tiba, kenapa tak Anda sajikan makanan ringan untuk buah hati tercinta, B’timers? Nah, penasaran dengan resep baru untuk akhir pekan ini, kan?

Bola-bola Kacang Coklat no Bake adalah jawaban yang paling tepat untuk menghabiskan waktu akhir pekan Anda bersama buah hati di dapur, nih! Tekstur renyah dengan lapisan coklat yang membeku di bagian luarnya, memberikan kesenangan tersendiri bagi anak-anak.

Well, tidak ada yang tahu sejak kapan Bola-bola Kacang Coklat ini menjadi tradisi yang harus ada setiap perayaan tradisional, B’timers. Resep yang hampir sama ditemukan sejak awal abad ke-20-an, B’timers. Saat itu selai kacang berlapis coklat telah dijual untuk umum setiap Paskah.

Nah, daripada menunggu Paskah, kenapa tak bikin saja Bola-bola Kacang Coklat Anda sendiri berbekal resep sederhana berikut ini, B’timers? Bahkan Anda tidak membutuhkan oven untuk memanggang kue tradisional ini, lho! Siapkan bahan yang dibutuhkan berikut ini, yuk!

Resep Simple Bola-bola Kacang Coklat Tanpa Oven! | Breaktime
Bola Kacang Coklat No Bake. Photo by google.com

Bahan-bahan Bola Kacang Coklat No Bake:

  • 115 gram mentega asin, lelehkan dalam suhu ruangan
  • 470 gram krim selai kacang
  • 480 gram gula halus
  • 300 gram cereal beras renyah
  • 210 gram dark chocolate, lelehkan, untuk coating

Cara membuat Bola Kacang Coklat No Bake:

  1. Siapkan mangkuk tahan panas (microwave-safe) berukuran besar. Masukkan mentega asin dan selai kacang. Panaskan dalam microwave selama kurang lebih 1 menit.
  2. Aduk dengan menggunakan garpu. Aduk mentega dan selai kacang hingga benar-benar halus dan tercampur rata.
  3. Jika diperlukan, panaskan kembali campuran mentega dan selai kacang selama 20 detik.
  4. Tambahkan gula dan cereal beras ke dalam mangkuk tersebut. Kemudian aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  5. Nah, dengan menggunakan tangan, gulung campuran tersebut menjadi sekitar kurang lebih 40 buah bola berukuran 1 inchi. Tempatkan bola-bola kacang tersebut pada loyang yang telah Anda lapisi dengan kertas lilin.
  6. Bekukan bola-bola kacang di dalam lemari pendingin selama kurang lebih sekitar 15 menit.
  7. Masukkan potongan coklat ke dalam mangkuk microwave-safe berukuran kecil. Dan panaskan selama kurang lebih 60 hingga 75 detik. Keluarkan setiap 30 detik sekali dan aduk potongan coklat tersebut untuk memastikan coklat sudah benar-benar meleleh.
  8. Gulingkan bola-bola coklat yang telah dibekukan ke dalam coklat leleh satu persatu. Gulingkan dengan menggunakan garpu untuk menyelimuti seluruh permukaan bola-bola kacang dengan merata. Tempatkan kembali bola-bola kacang yang telah diselimuti dengan lapisan coklat ke atas loyang yang telah dilapisi kertas lilin.
  9. Hiasi dengan remahan cereal beras ketika coklat masih hangat. Simpan kembali ke dalam lemari pembeku dan biarkan membeku.
  10. Bola Kacang Coklat No Bake pun siap untuk dinikmati, B’timers!

Untuk semakin mempercantik tampilan Bola-bola Kacang Coklat no Bake, Anda juga bisa menggunakan lapisan coklat berbagai warna, lho, B’timers. Tentunya dengan warna-warni lapisan, seperti pink, putih, hijau, ungu dan sebagainya, akan membuat anak-anak semakin semangat menyantap camilan ini.

Dan jangan lupa untuk menaburi Bola-bola Kacang Coklat no Bake dengan meises atau topping kesukaan anak-anak, ya? Nah, selamat mencoba, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE