Resep Sayur Jukut Bejek khas Bali | Breaktime
Resep Sayur Jukut Bejek khas Bali
23.10.2017

Pulau Bali yang terletak di Indonesia Tengah tak hanya terkenal dengan berbagai wisata pantai dan pesona panorama alam lainnya. Pulau Dewata juga memiliki khazanah kuliner yang unik dan tiada duanya dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Makanan tradisional Bali yang pasti banyak dicari wisatawan ialah ayam betutu, nasi jinggo, maupun aneka olahan babi ala Bali yang sudah tersohor kelezatannya. Namun tahukah Anda bahwa selain berbagai resep populer tersebut, kekayaan gastronomi Bali juga memiliki resep sayur yang tak kalah menggiurkan namun masih jarang diketahui?

Tak hanya aneka hidangan hewani yang menggoda selera, Bali juga terkenal memiliki banyak olahan yang sayur yang tak kalah istimewa, salah satunya ialah jukut bejek. Namanya berasal dari bahasa setempat yang berarti sayur remas (jukut = sayur, bejek = remas) karena teknik pembuatannya yang memerlukan teknik mencampur sayur dan bumbu dengan cara diremas dan diaduk rata menggunakan tangan. Jenis sayur utama yang paling banyak digunakan dalam memasak jukut bejek ialah kacang panjang yang telah direbus terlebih dahulu. Selain kacang panjang, B’timers juga bisa menambahkan jenis sayur lainnya seperti taoge atau yang dalam bahasa setempat disebut utik-utik. Ketika kacang panjang dimasak secara terpisah, Anda juga bisa menyiapkan bumbu santan kuning secara terpisah.

Bahan jukut bejek

  • Kacang panjang, kurang lebih 2 atau 3 ikat
  • Aneka jenis sayur lainnya seperti taoge atau kangkung sesuai selera

Bumbu-bumbu

  • 15 siung bawang merah 
  • 10 siung bawang putih 
  • 1 buah kemiri 
  • 6 cm kencur
  • 4 cm kunyit 
  • 1 sendok teh garam
  • Kaldu bubuk / penyedap rasa sesuai selera
  • 65 ml santan kental
  • Cabai merah, iris tipis 
  • Bawang goreng 
  • Terasi 
  • Daun jeruk, iris tipis 
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu
  • 50 ml air
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kreasi Resep Rendang Mie Yang Bikin Penasaran

Cara memasak

  1. Bersihkan kacang panjang kemudian buang bagian pangkal dan ujungnya. Bagi setiap helaian kacang panjang menjadi 2 bagian memanjang, potong sekitar 15 hingga 20 cm. 
  2. Kukus atau rebus kacang panjang setengah matang, namun jangan sampai terlalu matang. 
  3. Angkat lalu tiriskan kacang panjang rebus sambil dinginkan sesaat. Uniknya, kacang panjang yeng telah matang masih harus disuwir atau dibelah dua dengan menggunakan tangan, lalu sisihkan.
  4. Haluskan aneka bumbu yang akan digunakan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, dan kunyit. 
  5. Panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis seluruh bumbu halus serta garam dan kaldu bubuk sesuai selera. Tumis seluruh bumbu hingga tercium bau harum.
  6. Angkat bumbu dan sisihkan. Kemudian, sisakan sekitar 1 sendok makan bumbu yang sudah ditumis dalam wajan lalu tambahkan air dan santan kental sambil terus diaduk rata. Masak sebentar dengan menggunakan api kecil hingga bumbu mengental.
  7. Angkat bumbu santan lalu sisihkan. Selanjutnya, panaskan minyak goreng untuk menumis irisan cabai. Angkat.Goreng terasi dalam minyak bekas menggoreng cabai, lalu angkat terasi dengan tambahan sedikit minyak. Simpan dalam satu wadah bersama cabai goreng.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Creamy Opor, Resep Masakan Indonesia Sehari-hari
Resep Sayur Jukut Bejek khas Bali | Breaktime
Ayam suwir dan sambal matah yang sering jadi menu pendamping jukut bejek

Penyajian :

  1. Ambil kacang panjang yang sudah direbus lalu letakkan dalam suatu mangkuk besar.
  2. Tambahkan sdm bumbu halus, bawang goreng, cabai goreng, terasi dan daun jeruk yg sudah diiris. 
  3. Aduk bumbu dan kacang panjang dengan cara diremas-remas pelan menggunakan tangan.
  4. Setelah cukup tercampur, masukkan 2 sendok makan bumbu santan kental dan aduk hingga rata. 
  5. Kini B’timers siap menyajikan jukut bejek sebagai alternatif resep sayur bagi keluarga. Jukut bejek pun siap dinikmati dengan lauk lainnya, seperti ayam suwir dan sambel matah. 
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Nggak Perlu Antri, Coba Yuk Resep Pisang Nugget!

Tak hanya bumbu kuning yang khas, resep sayur jukut bejek khas Pulau Dewata juga tersohor dengan cara memasaknya yang unik yakni diremas perlahan mrnggunakan tangan. B’timers yang menyukai citarasa pedas juga bisa menambahkan cabe rawit atau bahkan menggunakan alternatif jenis sayur lainnya. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE