Resep Roti Canai, Kudapan Sederhana yang Nikmat | Breaktime
Resep Roti Canai, Kudapan Sederhana yang Nikmat
22.01.2016

Roti canai atau roti prata sebenarnya merupakan roti khas Asia Tenggara, terutama Malaysia, Singapura, Thailand, bahkan Indonesia. Meskipun banyak yang beranggapan roti ini berasal dari India, tidak sepenuhnya salah, kok.

Roti pipih dari India memang banyak mempengaruhi munculnya roti canai ini. Tidak salah jika roti ini disebut dengan roti kosong, karena dengan resep roti canai yang hanya terdiri dari tiga bahan utama, B’timers bisa membuat adonan roti canai dengan sempurna. 

Resep Roti Canai, Kudapan Sederhana yang Nikmat | Breaktime
Telur, air, dan tepung sudah melengkapi resep roti canai Anda
bahan - bahan :
  • 1 kg tepung terigu
  • 450 ml air
  • 300 ml minyak sayur
  • 1 butir telur dalam suhu ruangan
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula

Cara membuat :

  1. Langkah awal mengolah resep roti canai adalah dengan mencampurkan lalu mengayak tepung terigu, garam, dan gula ke dalam mangkuk besar.
  2. Tambahkan 150 ml minyak sayur ke dalam mangkuk yang berisi tepung, aduk menggunakan tangan selama beberapa menit, lalu tambahkan sisa minyak sayur ke dalam adonan.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan roti. Uleni hingga adonan kalis.
  4. Jika sudah tidak lengket, pindahkan adonan roti dari mangkuk ke papan penggiling seperti talenan. Uleni terus hingga Anda mendapatkan tekstur yang empuk dan tidak terlalu kenyal.
  5. Letakkan kembali dalam mangkuk, dan diamkan selama setidaknya 2 jam. Jangan lupa untuk menutupi permukaan mangkuk dengan kain basah agar adonan tidak kering.
  6. Ambil satu genggam adonan, pipihkan dengan tangan di papan penggiling hingga adonan menjadi hampir transparan.
  7. Lipat dari ujung seperti B’timers melipat kipas dari kertas. Lakukan hingga adonan terlipat sempurna.
  8. Pegang masing-masing ujung adonan yang sudah dilipat, putar dan tarik perlahan. Lalu gulung menjadi spiral atau bulatan a la roti canai. Tekan adonan spiral hingga pipih. Lakukan pada sisa adonan hingga semuanya habis.
  9. Bakar dengan menggunakan teflon yang sudah diberi sedikit minyak selama 1-2 menit hingga berwarna kecokelatan.
  10. Roti canai Anda siap untuk disajikan.
Resep Roti Canai, Kudapan Sederhana yang Nikmat | Breaktime
Nikmati kelezatannya dengan kare ayam pedas

Selain menggunakan tangan, B’timers juga bisa menggunakan mesin untuk menguleni adonan kue. Tentunya resep roti canai ini bisa semakin mudah Anda buat dan dengan segera disajikan untuk keluarga. Temani roti canai B’timers dengan kuah kare pedas. Memberikan taburan madu dan gula bubuk ke atas roti canai saja sudah cukup menambah kelezatan roti canai buatan Anda. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article