Resep Pudding Sutra Coklat nan Lembutnya Memanja | Breaktime
Resep Pudding Sutra Coklat Lembut Nan Manja
26.01.2017

Lembutnya menggoda. Ditambah dengan aroma yang menggelitik cuping hidung. Hmm, siapa yang bisa menolak Pudding Sutra Coklat ini, B’timers? Sempurna untuk dijadikan sajian di senja hari ketika santai bersama keluarga tercinta, hidangan penutup yang satu ini sangat mudah untuk membuatnya, lho. Dan Anda dapat menambahkan berbagai topping kesukaan untuk memberikan rasa ekstra, B’timers.

Pudding yang merupakan jenis makanan penutup ini, ternyata ketika awal ditemukannya memiliki rasa yang gurih, lho. Berasal dari bahasa Prancis “boudin”, yang berarti sosis kecil, pudding a la Eropa klasik memiliki bentuk seperti sosis. Semenara itu di inggris dan beberapa negara Eropa lainnya, pudding biasa digambarkan sebagai hidangan manis dan gurih.

Seperti yang kita ketahui, pudding adalah menu makanan penutup yang ringan, namun kaya rasa serta nutrisi. Hal ini karena dalam bahan untuk pembuatan pudding, biasanya ditambahkan aneka buah segar maupun kering. Tak ketinggalan bahan utama dalam pembuatan pudding, yaitu susu. Sedangkan rasa pudding yang gurih, karena menggunakan sosis.

Namun kali ini, kita tidak akan membuat pudding yang rasanya gurih, kok, B’timers. Yuk, siapkan bahan untuk membuat Pudding Sutra Coklat dengan resep sederhana berikut ini!

Resep Pudding Sutra Coklat nan Lembutnya Memanja | Breaktime
Pudding Sutra Coklat dengan alpukat dan kacang almond

Bahan-bahan untuk membuat Pudding Sutra Coklat:

  • 960 ml susu
  • 4 sendok makan mentega tawar, potong dadu
  • 112 gram bittersweet chocolate, cincang halus
  • 1 sendok makan bubuk espresso instan
  • ½ sendok teh bubuk kayu manis
  • 2 butir telur, ukuran besar
  • 70 gram gula pasir
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • Garam, sejumput
  • Remahan roti, secukupnya
  • Whipped cream dan serutan coklat, untuk hiasan

Cara membuat Pudding Sutra Coklat:

  1. Panaskan oven sampai suhu 325 derajat F.
  2. Panaskan panci yang ukuran sedang di atas api sedang. Masukkan susu, mentega, coklat, bubuk espresso dan bubuk kayu manis. Panaskan sambil terus diaduk hingga mentega dan coklat mulai meleleh dan menjadi campuran adonan yang halus.
  3. Siapkan mangkuk sedang dan masukkan telur, gula, ekstrak vanili dan juga garam. Kocok semua bahan tersebut hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Tambahkan remahan roti dan tuangkan ke dalam campuran susu panas. Jangan lupa untuk terus diaduk.
  5. Tuangkan campuran adonan pudding dalam wadah tahan panas atau loyang yang sebelumnya telah diolesi dengan mentega dan dialasi dengan piring tahan panas. Panggang pudding selama kurang lebih 45 menit atau sampai pudding benar-benar matang dengan sempurna. Keluarkan.
  6. Biarkan pudding hingga dingin selama kurang lebih 15 menit.
  7. Sajikan Pudding Sutra Coklat saat masih hangat dan hiasi dengan whipped cream dan serutan coklat.

Untuk bahan topping, Anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan kasukaan, kok, B’timers. Anda bisa menambahkan parutan keju, krim keju, sirup maple, atau buah kering maupun potongan buah segar. Jika ingin menikmati Pudding Sutra Coklat dalam keadaan dingin, simpan terlebih dahulu pudding di dalam lemari pendingin selama setidaknya 30 menit, B’timers.

Bahkan untuk mendapatkan tekstur yang unik, Anda juga dapat menambahkan jus atau buah-buahan yang telah dihaluskan sebelumnya. Misalnya alpukat. Pudding Sutra Coklat dengan alpukat menawarkan rasa dan tekstur yang spesial, lho, B’timers. Anda dapat mengekspresikan daya kreativitas Anda dalam resep Pudding Sutra Coklat ini. Nah, selamat mencoba dan berkreasi dan jangan lupa untuk membagikan resep kesukaan Anda pada sahabat tercinta, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE