Plain Waffle yang Cocok untuk Berbagai Paduan | Breaktime
Resep Plain Waffle yang Cocok untuk Berbagai Paduan
10.05.2016

Inilah resep plain waffle renyah yang sangat sempurna untuk mengisi perut Anda di pagi hari, B’timers! Anda tidak perlu repot meluangkan banyak waktu hanya untuk menyiapkan adonan waffle kesukaan keluarga. Dan selain itu, hanya dengan resep sederhana ini, Anda bisa menambahkan berbagai bahan sebagai varian rasa yang unik dan berbeda. Yuk, siapkan bahan-bahannya, B’timers!

Bahan-bahan:

  • 350 gram tepung terigu
  • 2 ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula
  • 180 gram telur, pisahkan bagian kuning dengan putihnya
  • 365 gram susu
  • 125 gram mentega, lelehkan
Plain Waffle yang Cocok untuk Berbagai Paduan | Breaktime
Tak selamanya waffle harus manis

Cara membuat:

  1. Untuk membuat adonan, ayak tepung terigu, baking powder, garam ke dalam mangkuk. Masukkan gula dan aduk rata.
  2. Buat cekungan di bagian tengah bahan kering, tambahkan kuning telur, susu dan mentega. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Dalam wadah terpisah, kocok putih telur hingga kaku, lalu tuangkan ke dalam adonan.
  4. Siapkan cetakan waffle dan panaskan.
  5. Tuangkan adonan sebanyak ½ cangkir pada setiap cetakan waffle. Tutup cetakan dan masak selama 2 ½ hingga 3 menit, sampai Anda mendapatkan kematangan yang diinginkan.
  6. Angkat menggunakan spatula plastik.
  7. Lakukan hingga seluruh adonan waffle habis. Dan pastikan panggangan waffle benar-benar panas sebelum Anda menuangkan adonan selanjutnya.
Plain Waffle yang Cocok untuk Berbagai Paduan | Breaktime
Waffle burger untuk bekal makan siang buah hati

Dan, plain waffle pun siap disajikan. Akan sangat lezat jika Anda tambahkan es krim aneka rasa maupun sirup maple, B’timers. Namun, selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai macam variasi lezat di atas waffle ini, lho.

Salah satunya, dengan menambahkan beberapa bahan saat Anda membuat adonan untuk varian waffle manis. Misalnya, 8 sendok makan buah apel yang diparut dengan 7 ½ sendok teh bubuk kayu manis, 1 buah pisang yang dihaluskan dengan ½ sendok teh pala, 60 gram cokelat leleh, atau 1 sendok makan parutan kulit lemon dengan ½ sendok teh air perasan jeruk lemon.

Plain Waffle yang Cocok untuk Berbagai Paduan | Breaktime
Waffle manis dengan es krim dan selai stroberi

Sementara untuk waffle dengan rasa gurih yang unik, ada beberapa bahan yang dapat Anda masukkan ketika membuat adonan. Yaitu, 100 gram keju parut, ½ sendok teh paprika dengan 1 sendok makan peterseli cincang; 100 gram ham cincang; 100 gram nanas kering dengan 50 gram ham cincang; 100 gram bawang putih cincang; 4 sendok makan bumbu herbal yang dihaluskan; tomat kering yang dihaluskan; atau ganti susu dengan krim jagung.

Nah, dengan sedikit bahan tambahan dalam adonan, plain waffle pun tidak akan terasa hambar dan membosankan, bukan, B’timers? Ini cara baru menyajikan waffle sederhana dengan istimewa. Dan, selamat mencoba! (NO)

Share This Article