Resep Nasi Goreng Hong Kong, Sedapnya Tak Bohong | Breaktime
Resep Nasi Goreng Hong Kong, Sedapnya Tak Bohong
30.07.2017

B’timers, resep nasi goreng seperti apa sih yang menjadi favorit Anda bersama keluarga? Hm, pasti Anda akan sulit menjawab pertanyaan ini sebab semua resep nasi goreng itu enak dan bikin ketagihan. Kenyataan ini pun sampai membuat nasi goreng dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor dua di dunia setelah rendang versi CNN. Wah, masyarakat Indonesia pantas berbangga ya memiliki warisan resep kuliner berbahan dasar utama nasi ini. 

Resep Nasi Goreng Hong Kong, Sedapnya Tak Bohong | Breaktime
Siapa yang sanggup menolak kelezatan cita rasa kuliner yang satu ini?

Nasi goreng ini variasinya bermacam-macam. Ada nasi goreng Jawa, nasi goreng kambing, sampai nasi goreng pete yang gurih dan ngangenin. Namun ada juga lho nasi goreng yang terinspirasi dari jenis masakan chinese alias nyontek bumbu khas negeri tirai bambu. Bukannya apa-apa, resep nasi goreng Indonesia memang asal muasalnya sebenarnya datang dari negeri tersebut. Akan tetapi, Ia sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Contoh resep nasi goreng yang seperti ini adalah nasi goreng Hong Kong.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Kue Tart Coklat untuk Birthday Cake Cantik

Nasi goreng Hong Kong adalah nasi goreng yang dipenuhi oleh berbagai macam tambahan isian seperti daging ayam dan udang. Warnanya pun tak merah atau kecoklatan seperti nasi goreng khas Indonesia pada umumnya. Ini karena nasi goreng Hong Kong tidak memakai tambahan cabai atau saos tomat. Sebagai gantinya, Ia memakai tambahan saos tiram dan kecap asin yang tak kalah sedapnya. Yuk langsung saja catat resep nasi goreng Hong Kong di bawah biar bisa segera praktik di rumah!

Nasi Goreng Hong Kong

Resep Nasi Goreng Hong Kong, Sedapnya Tak Bohong | Breaktime
Bersiaplah menerima serangan rasa nasi goreng yang tak terlupakan.

Bahan-bahan:

  • 700 gram nasi putih
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 buah wortel, potong dadu dan rebus sebentar
  • 2 sendok makan kacang polong
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan saos tiram
  • 50 gram udang yang sudah dikupas
  • 50 gram fillet dada ayam, potong dadu
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 bungkus penyedap bubuk rasa ayam
  • ½ sendok makan kecap asin
  • ½ sendok teh gula pasir
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Spot Berbuka Dengan Nasi Liwet Kekinian Ibukota

Cara membuat:

  1. Panaskan sebuah wajan lalu masukkan mentega. Setelah mentega meleleh sempurna, tambahkan bawang putih untuk ditumis sampai aromanya keluar.
  2. Lalu masukkan daging ayam dan udang guna dimasak hingga warna dagingnya masing-masing berubah menjadi putih dan kemerahan.
  3. Kini saatnya tuangkan telur sembari diaduk-aduk hingga Ia berubah tekstur menjadi telur orak-arik. Kemudian baru disusul dengan penambahan wortel dan kacang polong ke dalam wajan.
  4. Aduk-aduk rata kesemua bahan lalu tuangkan saos tiram, gula, dan kecap asin. Tambahkan pula nasi putih dan kembali aduk semuanya sampai rata.
  5. Terakhir, masukkan penyedap bubuk dan irisan daun bawang. Campurkan semua bahan dengan diaduk-aduk tapi tak usah terlalu lama.
  6. Bila warna nasi putih sudah mulai terkombinasi dengan warna bumbu, Anda bisa mematikan api dan memindahkan nasi goreng ke atas piring.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Satu Pisang Goreng Samakah dengan Sepiring Nasi?

Resep nasi goreng Hong Kong ini amatlah kaya nutrisi, lho. Anda akan mendapat kebaikan karbohidrat dari nasi, protein dari daging ayam dan udang, serta vitamin A dan serat dari wortel dan kacang polong. Hidangan ini juga cocok dibuat santapan bekal Anda ke kantor maupun untuk bekal buah hati Anda di sekolah. Memasak nasi goreng semacam ini juga merupakan ide yang oke dalam mengolah kembali sisa nasi lama yang tidak termakan. So, happy cooking, B’timers! (kps) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE