Resep Muffin Ubi Cilembu yang Rasa Manisnya Khas
Resep Muffin Ubi Cilembu yang Rasa Manisnya Khas
08.02.2017

Muffin adalah camilan yang disukai oleh banyak orang, B’timers. Dengan teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis. Apalagi jika ditambahkan berbagai topping kesukaan. Wah, rasanya tidak mungkin untuk menolak seporsi Muffin, meskipun sudah lewat jam makan, ya?

Namun bagaimana dengan Muffin yang terbuat dari bahan umbi, nih, B’timers? Salah satunya adalah Muffin Ubi Cilembu! Terbuat dari ubi Cilembu yang memiliki rasa manis yang khas, tentunya sudah bisa dibayangkan seperti apa tekstur dan rasa dari Muffin yang lezat ini, deh!

Yuk, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Muffin Ubi Cilembu berikut ini, B’timers!

Manisnya Muffin Ubi Cilembu begitu khas, B’timers!
Manisnya Muffin Ubi Cilembu begitu khas, B’timers!

Bahan-bahan Muffin Ubi Cilembu:

200 gram tepung terigu

100 gram gula pasir

250 gram ubi Cilembu, kukus, kemudian tumbuk hingga halus

1 ½ sendok makan margarin yang sudah dicairkan

50 gram keju parut

2 sendok teh baking powder

½ sendok teh soda kue

2 butir telur, ukuran sedang

150 ml susu cair

½ sendok teh garam

1 sendok teh ekstrak vanili

 

Cara membuat Muffin Ubi Cilembu:

  1. Panaskan oven hingga suhu 300 derajat F.
  2. Sementara itu, siapkan wadah berukuran sedang. Kemudian masukkan telur dan gula. Kocok kedua bahan tersebut dengan menggunakan garpu atau kocokan telur hingga semua bahan tercampur dengan merata.
  3. Tambahkan tepung terigu, ekstrak vanili, sida kue, garam dan baking powder.
  4. Aduk semua bahan tersebut, sampai Anda mendapatkan adonan yang tercampur secara rata.
  5. Masukkan ubi yang sebelumnya telah dikukus dan ditumbuk hingga benar-benar halus.
  6. Kemudian aduk bahan-bahan tersebut sampai Anda mendapatkan adonan yang tercampur rata.
  7. Tuangkan susu cair, aduk hingga merata. Tambahkan margarin yang telah dicairkan dan jangan lupa keju parut. Lakukan sambil terus diaduk sampai semua bahan tercampur secara merata.
  8. Siapkan cetakan muffin dan beri alas dengan kertas cetakan muffin. Tuang adonan Muffin Ubi Cilembu hingga hampir penuh.
  9. Panggang adonan selama kurang lebih 30 menit. Jika tusuk gigi yang Anda gunakan untuk mengetes tingkat kematangan kue sudah bersih, artinya Muffin Ubi Cilembu Anda sudah matang dengan sempurna, B’timers.
  10. Keluarkan Muffin Ubi Cilembu dari oven dan dinginkan.

Segera sajikan Muffin Ubi Cilembu selagi hangat, B’timers!

Tambahkan coklat untuk variasi Muffin Ubi Cilembu Anda
Tambahkan coklat untuk variasi Muffin Ubi Cilembu Anda

Ubi Cilembu yang juga dikenal sebagai ubi madu karena rasa manis alami yang dimilikinya memang salah satu jenis umbi yang unik, B’timers. Berasal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, ubi Cilembu ternyata sudah biasa ditambahkan ke dalam bahan untuk makanan, lho. Misalnya Es Krim Ubi Cilembu.

Dan di balik rasa serta teksturnya yang khas, ubi Cilembu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, lho, B’timers! Diperkaya dengan kadar serat yang tinggi, ubi Cilembu juga kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin D dan Vitamin E. Bahkan terkandung mineral khusus, seperti zat besi, folat dan mangan, lho, B’timers.

Meskipun tinggi akan kandungan karbohidratnya, ubi Cilembu justru disarankan untuk bahan makanan dalam program diet sehat. Hal ini karena tingginya kadar serat yang tersimpan di dalam ubi Cilembu ini, B’timers. Nah, dengan begitu banyak manfaat ubi Cilembu untuk kesehatan, tak heran jika Muffin Ubi Cilembu ini wajib Anda bikin di rumah, kan, B’timers?

Anda juga dapat menambahkan topping kesukaan atau bahkan menambahkan coklat untuk Muffin Ubi Cilembu Anda, lho. Nah, selamat mencoba membuat Muffin Ubi Cilembu, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE