Resep Mudah Lumpia Tahu Tuna Sajian Khas Pacitan | Breaktime
Resep Mudah Lumpia Tahu Tuna Sajian Khas Pacitan
04.03.2017

Seberapa sering Anda mengonsumsi ikan Tuna, B’timers? Meskipun banyak yang mengetahui mengenai pentingnya mengonsumsi ikan laut, namun banyak juga yang mengabaikan aturan kesehatan yang satu ini, lho. Padahal ikan Tuna, sebagai salah satu jenis ikan dengan kandungan nutrisi tinggi, menawarkan banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, B’timers.

Kandungan asam lemak Omega 3 di dalam daging ikan Tuna bisa membantu kesehatan pembuluh darah di dalam tubuh, yaitu membantu mengurangi kolesterol dalam pembuluh darah, B’timers. Manfaat bagi kesehatan jika Anda rutin mengonsumsi daging Tuna adalah meningkatkan kesehatan jantung.

Resep Mudah Lumpia Tahu Tuna Sajian Khas Pacitan | Breaktime
Daging ikan Tuna mengandung banyak nutrisi penting, lho

Ikan Tuna yang kaya akan kandungan kalium merupakan mineral untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dipadukan dengan lemak Omega 3, ikan Tuna mampu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, B’timers. Dengan demikian artinya, mengonsumsi daging Tuna dapat menurunkan risiko serangan stroke dan serangan jantung yang diakibatkan oleh terjadinya penyumbatan arteri.

Nah, untuk yang bingung mengolah daging Tuna menjadi olahan lezat, Breaktime memiliki jawaban dari resep Lumpia Tahu Tuna yang bisa Anda coba di rumah, nih, B’timers! Siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan di bawah ini, yuk!

Baca juga : RESEP SEDERHANA TAHU BULAT SAUS TIRAM PEDAS YANG LEZAT

Bahan-bahan Lumpia Tahu Tuna Khas Pacitan:

  • Kulit lumpia
  • 4 buah tahu putih, hancurkan sampai benar-benar halus
  • 100 gram ikan tuna fillet, goreng, lalu potong-potong dan tumbuk sampai halus
  • ½ sendok teh lada putih
Resep Mudah Lumpia Tahu Tuna Sajian Khas Pacitan | Breaktime
Lumpia Tahu Tuna dengan isian sayuran yang lezat
  • ½ sendok teh garam
  • 2 butir telur ayam, ukuran sedang, kocok lepas 1 butir telur
  • Minyak goreng, secukupnya
  • Cabai rawit, secukupnya, untuk penyajian
  • Saus tomat atau saus sambal, secukupnya, untuk penyajian

Baca juga : SALMON HUMMUS WRAP, IDE SIMPLE BIKIN MAKAN SIANG

Cara membuat Lumpia Tahu Tuna Khas Pacitan:

  1. Siapkan wadah berukuran sedang dan masukkan tahu yang sebelumnya telah dihaluskan, telur yang sebelumnya telah dikocok lepas, lada putih dan garam. Campurlah semua bahan tersebut sampai tercampur secara merata.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya di dalam wajah di atas api sedang. Setelah minyak sudah benar-benar panas, masukkan campuran bahan isian yang telah dicampur hingga merata dan tumis sampai setengah matang. Angkat dan dinginkan.
  3. Ambil kulit Lumpia dan siapkan bahan isian. Dan isikan masing-masing kulit Lumpia dengan 1 sendok makan bahan isian Lumpia. Lipat dengan rapid an olesi bagian ujung dari kulit Lumpia dengan menggunakan putih telur.
Resep Mudah Lumpia Tahu Tuna Sajian Khas Pacitan | Breaktime
Goreng Lumpia Tahu Tuna hingga kuning keemasan dan sajikan
  1. Lakukan sampai semua bahan isian Lumpia Tahu Tuna khas Pacitan habis.
  2. Nah, sementara itu, Anda bisa memanaskan minyak goreng secukupnya di dalam wajan di atas api sedang. Tunggu hingga minyak goreng benar-benar panas. Baru goreng Lumpia Tahu Tuna hingga matang. Goreng sampai kulit Lumpia berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  3. Dan Lumpia Tahu Tuna pun siap untuk dinikmati, B’timers. Sajikan Lumpia Tahu Tuna dengan cabai rawit, saus tomat ataupun saus sambal untuk menambah kenikmatan!

Baca juga : RESEP UNIK BIKIN CHICKEN PASTA-TOSS A LA ITALIA!

Dengan kreasi baru menghidangkan daging ikan Tuna, tentunya keluarga pun akan semakin menikmati sajian unik Anda, B’timers. Jika Anda bukan pecinta ikan laut, sebaiknya simak fakta di balik ikan Tuna yang bisa membantu menjaga kesehatan Anda, nih!

Daging ikan Tuna kaya akan mangan, seng, Vitamin C dan juga selenium. Semuanya memiliki sifat anti oksidan yang dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Anti oksidan juga efektif di dalam melawan radikal bebas, lho, B’timers. Nah, masih berpikir ulang untuk mengonsumsi daging ikan Tuna, nih, B’timers?

Selamat mencoba membuat Lumpia Tahu Tuna khas Pacitan, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE