Resep Membuat Jajanan Kue Putu yang Lezat | Breaktime
Resep Membuat Jajanan Kue Putu yang Lezat
21.10.2016

Kue putu adalah hidangan tradisional Indonesia yang tentu pernah menghias masa kecil Anda. Saat Anda kecil, pasti Anda menunggu dengan penuh antisipasi di malam hari dengan menajamkan telinga menanti penjual putu dengan desis dari cetakan putu yang khas itu. Sayangnya, kini kue dari tepung beras ini seakan-akan menghilang ditelan zaman. Akan tetapi, B’timers dapat kembali menikmati jajanan masa kecil ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah resep membuat jajanan kue putu tanpa harus menggunakan cetakan bambu.

Baca juga : CANTIKNYA RESEP KUE PUTRI AYU INI, COBA YUK!

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 100 ml air
  • ½ sdt garam
  • Daun pandan
  • 100 gram gula merah
  • Kelapa parut secukupnya 
Resep Membuat Jajanan Kue Putu yang Lezat | Breaktime
Hmmm. . . bayangkan nikmatnya memakan kue ini saat hujan, B’timers!

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, rebus air dan daun pandan ke dalam air larutan garam hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan hingga suhu air turun menjadi hangat
  2. Tuangkan air hangat tersebut ke dalam baskom berisi tepung beras. Aduk kedua bahan tersebut hingga muncul gumpalan-gumpalan kasar pada tepung.
  3. Ayak tepuk tersebut dengan menggunakan saringan kawat. Haluskan gumpalan-gumpalan tersebut menjadi butiran yang halus dengan menggunakan sendok.
  4. Potong gula merah hingga menjadi potongan-potongan kecil.
  5. Masukkan tepung beras yang telah dihaluskan tadi ke dalam cetakan sebanyak 1/3 takaran. Tambahkan potongan-potongan gula merah di atasnya.
  6. Timbun gula merah tersebut dengan sisa tepung hingga memenuhi wadah cetakan. Masukkan cetakan-cetakan tersebut ke dalam kukusan, dan kukus selama 40 menit.
  7. Setelah 40 menit berselang, angkat kue putu, keluarkan dari cetakan dan sajikan bersama kelapa parut

Bagaimana, B’timers? Ternyata resep membuat jajanan kue putu tidak sulit, bukan? Kini Anda dapat menikmati jajanan hangat ini untuk dimakan bersama keluarga di cuaca yang dingin. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE