Resep Masak Ikan Jadi Lezat, Kuncinya Ini | Breaktime
Resep Masak Ikan Jadi Lezat, Kuncinya Ini
31.03.2018

Balik lagi nih sama Breaktime. Kali ini kita akan bahasa salah satu keluhan yang masih sering terjadi di kehidupan ini. Banyak orang merasa kalau mereka udah mengolah resep masakan Ikan dengan sangat benar. Bahkan nggak ada bumbu dan proses yang luput satu pun. Hmm, mungkin mereka-mereka ini lupa akan satu hal. Yaitu kondisi ikan itu sendiri. Masih segar atau udah nggak layak konsumsi sebenernya? Dengan baik hati, Breaktime bakal kasih tips dan solusi biar kalian nggak ketipu saat ingin membeli ikan segar.

1. Cek Kondisi Ikan


Cek kondisi ikan

Sebelum membeli Ikan, tentu kamu harus tahu kondisi Ikan yang akan kamu beli seperti apa. Kalau kamu tipe yang gampang jijik, kamu harus lebih jeli lagi memperhatikan tanda-tanda Ikan tersebut layak apa nggak untuk dibeli. Kalau masih segar dan bergerak sih ya bagus. Kalau Ikan tersebut udah mati pastikan sisiknya nggak terlepas dari kulit, kulitnya nggak gampang terkelupas dan Ikan nggak kaku.

2. Menekan Daging Ikan


Menekan Daging Ikan

Coba tekan daging ikan yang akan jadi korban kamu. Kalau kenyal berarti masih segar, kalau lembek dan benyek, wah harap waspada. Bisa jadi udah menjurus jadi busuk. Kalau dipotong masih berdarah, itu artinya masih segar dan belum disimpan dalam freezer sama penjualnya.

3. Periksa Bagian Mata, Insang dan Isi Perut Ikan


Periksa Bagian Mata, Insang dan Isi Perut Ikan

Ikan segar punya mata jernih dan nggak lembek pas kamu tekan. Kalau udah memerah, lembek, bahkan ada yang kayak mau lepas gitu ya jangan dibeli ya, guys. Beralih ke insang. Bagian ini mudah diterka kalau udah mau busuk. Cari Ikan dengan warna insang kemerahan, tidak berlendir dan bau menyengat. Beranjak ke bagian perut, Ikan segar punya isi perut yang berwarna kemerahan dan terlihat segar. Nggak benyek dan ada warna kehitaman. Bagian tubuh ikan yang paling sensitif dan mudah busuk jika telah melewati satu kali 24 jam adalah bagian perut. Jadi penjualnya nggak bisa tipu-tipu kamu kalau paham hal ini.

4. Ambil Ikan dan Kemudian Kamu Angkat


Ambil Ikan dan Kemudian Kamu Angkat

Hal ini merupakan langkah terakhir kamu, guys. Kalau pas diangkat Ikan terasa kaku, artinya masih segar. Pokoknya jangan sampai pas diangkat Ikan berlendir dan lembek-lembek gimana gituuuu.

Udah ngerti kan sekarang cara memilih Ikan segar yang baik? Emang butuh waktu sedikit, sih. Tapi demi masakan lezat buat ibu mertua atau calon mertua kan nggak ada salahnya, toh?

 


artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE