Resep Makanan Sederhana Buat Sahur Makin Semangat | Breaktime
Resep Makanan Sederhana Buat Sahur Makin Semangat
21.06.2017

Menu sahur biasanya merupakan menu dengan resep makanan sederhana yang tidak menyusahkan Anda untuk mengolah bahan mentah karena waktunya yang terbatas. Dalam hal ini nasi goreng ikan teri bisa menjadi pilihan. Nasi goreng selalu bisa menjadi penyelamat saat lapar dan Anda tidak punya cukup waktu untuk memasak atau bahan mentah yang bisa diolah.

Hanya dengan nasi putih dan beberapa bahan pelengkap yang pasti Anda miliki di dalam kulkas seperti telur ayam, sosis, dan sawi, Anda sudah bisa menyiapkan resep nasi goreng yang sederhana. Tambahan teri Medan juga tak masalah, sehingga Anda bisa membuat resep nasi goreng teri seperti yang akan kami sajikan berikut ini. Untuk penggunaan teri, tidak harus selalu menggunakan teri Medan. Bisa juga menggunakan teri nasi, ikan asin kipas, atau bisa juga ikan asin jambal, sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sahur Manis Dengan Bubur Sumsum A La Smoothie Bowl

Nasi terbaik untuk membuat nasi goreng adalah nasi yang cenderung pera (tidak pulen), butiran nasinya terpisah satu sama lain sehingga tidak lengket ketika diaduk, bumbu dan bahan lainnya bisa tercampur dengan sempurna. Beras yang menghasilkan nasi pera antara lain jenis long-grain. Namun, jika Anda tidak mempunyai beras jenis ini, Anda bisa saja menggunakan beras yang biasa Anda masak sehari-hari, hanya saja takaran airnya saat memasak sedikit dikurangi.

Nah, langsung saja yuk intip resep makanan sederhana yang sering banget dibuat di rumah. Yup, apalagi kalau bukan resep nasi goreng teri. Let’s get cooking!

Resep Makanan Sederhana Buat Sahur Makin Semangat | Breaktime
Nasi Goreng Teri
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenyang Lebih Lama dengan 5 Menu Ini Saat Sahur!

Bahan – bahan yang dibutuhkan adalah 4 piring nasi putih tidak pulen, 4 butir telur ayam, 50 gram teri Medan. Siapkan juga bumbu halus seperti, 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai merah keriting, 5 buah cabai rawit merah, 1 butir kemiri, 3 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan minyak wijen, dan minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara membuatnya pun sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Sebelum memulai, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah keriting dan cabai rawit dengan menggunakan mesin penghalus atau menggunakan cobek.

Langkah pertama, tumislah teri Medan hingga kering. Kemudian sisihkan. Selanjutnya, panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan kemudian aduk hingga merata. Masukan nasi putih, aduk hingga rata.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenyang Lebih Lama, Sahur Dengan Grilled Chicken

Kemudian tambahkan minyak wijen dan kecap manis, aduk hingga merata sehingga benar-benar panas. Lanjutkan dengan menambahkan teri Medan goreng, aduk sebentar. Sajikan selagi hangat dengan bawang goreng dan kerupuk.

Di luar bulan Ramadhan, nasi goreng cukup fleksibel untuk disajikan baik saat sarapan ataupun makan malam. Untuk menetralisir minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng nasi, hidangkan nasi goreng dengan pelengkap acar timun dan wortel serta jangan lupa untuk menambahkan sawi hijau sebagai sumber serat. Selamat mencoba resep sederhana nasi goreng ikan terinya B’timers! (am)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE