Resep Macaroon Kelapa, Camilan Renyah Nan Gurih! | Breaktime
Resep Macaroon Kelapa, Camilan Renyah Nan Gurih!
07.02.2017

Macaroon Kelapa, camilan yang memiliki tekstur renyah di bagian luar, sementara tekstur kenyal pada bagian tengah, merupakan pilihan terbaik untuk menemani sore hari Anda, B’timers! Godaannya terlalu besar untuk menolak Macaroon Kelapa, lho. Terlebih lagi untuk membuatnya tak membutuhkan waktu banyak, B’timers. Selain itu bahan-bahan yang Anda butuhkan pun hanya sedikit.

Yuk, siapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat Macaroon Kelapa di bawah ini, B’timers!

Resep Macaroon Kelapa, Camilan Renyah Nan Gurih! | Breaktime
Perpaduan tekstur renyah dan kenyal dari Macaroon Kelapa

Bahan-bahan Macaroon Kelapa:

  • 180 gram kelapa parut manis
  • 4 butir putih telur ukuran besar
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh bubuk vanili atau ekatrak almond
  • ¼ sendok teh garam

Alat-alat yang Anda perlukan:

  • Loyang
  • Silpat atau parchament paper
  • Mangkuk, untuk mengocuk
  • Mixer
  • Sendok, untuk mengocok
Resep Macaroon Kelapa, Camilan Renyah Nan Gurih! | Breaktime
Beri hiasan untuk Macaroon Kelapa yang makin unik, nih!

Cara membuat Macaroon Kelapa:

  1. Panaskan oven sampai 350 derajat F atau 180 derajat C. Pasang rak oven di rak ketiga di dalam oven. Siapkan semua bahan dan peralatan yang Anda butuhkan.
  2. Untuk mendapatkan rasa kelapa yang lebih kuat dan dalam serta memberikan tekstur renyah pada Macaroon Kelapa buatan Anda, panggang kelapa parut selama kurang lebih 5 menit atau sampai kelapa parut tersebut mulai berubah warna. Biarkan kelapa parut hingga dingin sebelum Anda mencampurkannya dengan bahan-bahan yang lain, B’timers.
  3. Siapkan wadah sedang, lalu masukkan putih telur, gula, vanili bubuk dan garam. Kocok sampai putih telur dan gula benar-benar tercampur secara merata dan adonan menjadi berbusa.
  4. Tuangkan kelapa parut ke dalam campuran putih telur kemudian aduk sampai kelapa tercampur secara merata.
  5. Alasi loyang dengan kertas panggang. Setelah itu dengan menggunakan tangan yang sedikit telah dibasahi, bentuk campuran adonan Macaroon Kelapa menjadi berbentuk bola kecil atau berukuran diameter sekitar 1 ½ inchi. Susun di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas panggang. Dan jangan lupa untuk memberikan jarak sekitar kurang lebih 1 inchi atau lebih agar Macaroon Kelapa tidak saling menempel di saat Anda memanggangnya, B’timers.
  6. Panggang Macaroon Kelapa selama kurang lebih 15 – 20 menit atau sampai permukaan menjadi berwarna kuning keemasan.
  7. Keluarkan Macaroon Kelapa dari oven dan biarkan hingga dingin selama kurang lebih 5 menit. Pindahkan ke wadah kedap udara setelah Macaroon kelapa benar-benar dingin dengan sempurna.
  8. Macaroon Kelapa akan tahan dengan kerenyahannya jika disimpan di dalam wadah kedap udara selama kurang lebih satu minggu, kok, B’timers.

Dan apabila Anda ingin mendapatkan Macaroon Kelapa yang jauh lebih renyah, tambahkan kelapa parut menjadi 300 gram, B’timers. Sedangkan untuk Macaroon Kelapa yang berbentuk seperti meringue, Anda bisa mengocok putih telur terlebih dahulu sampai putih telur menjadi kaku dan lembut. Setelah itu baru tambahkan gula sambil terus dikocok dengan kecepatan tinggi, sampai campuran putih telur kaku. Dan masukkan vanili dan garam. Terakhir tambahkan kelapa parut dan aduk menggunakan tangan.

Jika Anda ingin mencetak Macaroon Kelapa menjadi lebih besar atau kecil, sesuaikanlah waktu panggang agar tingkat kematangan yang didapatkan tetap sesuai, B’timers. Untuk variasi Macaroon Kelapa, dapat Anda tambahkan cincangan kacang almond atau coklat yang telah dilelehkan. Bungkus Macaroon Kelapa dengan lelehan coklat dan taburi dengan cincangan kacang almond. Anda juga bisa menggunakan buah kering yang telah dicincang halus untuk taburan Macaroon Kelapa agar makin unik, lho, B’timers.

Nah, selamat mencoba membuat Macaroon Kelapa yang renyah dan gurih dengan resep mudah di atas, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE