Resep “Risoles Pisang Coklat” yang Melumer Manja | Breaktime
Resep “Risoles Pisang Coklat” yang Melumer Manja
20.02.2017

Tak lagi selera dengan Risoles isi daging atau ayam, B’timers? Atau Anda mendamba camilan lezat yang rasanya manis dipadukan tekstur lembut yang begitu menggoda? Risoles Pisang Coklat adalah jawaban untuk Anda, nih! Disajikan selagi masih hangat, tentunya membuat isian coklatnya melumer manja saat Anda menggigitnya. Hmm, ini adalah makanan ringan yang tak boleh dilewatkan, B’timers!

Dengan rasanya yang manis dan tekstur lembut, Anda dapat menyajikannya dengan aneka topping yang Anda sukai, misalnya es krim berbagai rasa, whipping cream, potongan buah segar maupun buah kering, membuat Risoles Pisang Coklat ini sempurna untuk dijadikan sebagai hidangan di saat santai berkumpul dengan seluruh keluarga. Yuk, intip resep Risoles Pisang Coklat yang melumer manja berikut!

Resep “Risoles Pisang Coklat” yang Melumer Manja | Breaktime
Coklatnya yang melumer manja bikin gemas dan ingin menikmatinya

Bahan-bahan kulit untuk Risoles Pisang Coklat:

  • 100 gram tepung terigu tinggi protein
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 buah putih telur, dari telur berukuran sedang, kocok lepas, sisihkan
  • ¼ sendok teh garam
  • 250 ml air
  • Minyak goreng, secukupnya, untuk menggoreng

Bahan-bahan isian untuk Risoles Pisang Coklat:

  • 1 sendok makan margarin atau mentega
  • 30 gram gula pasir
  • ½ sendok makan coklat bubuk
  • 2 sendok makan air, untuk melarutkan coklat bubuk
  • 4 buah pisang kepok, pilih buah pisang yang sudah benar-benar matang, potong kotak

Bahan-bahan pelapis untuk Risoles Pisang Coklat:

  • 80 gram putih telur, kocok lepas
  • 100 gram tepung panir halus
Resep “Risoles Pisang Coklat” yang Melumer Manja | Breaktime
Anda bisa menghidangkan Risoles Pisang Coklat dengan gula halus

Cara membuat Risoles Pisang Coklat:

  1. Siapkan wadah berukuran sedang, masukkan tepung terigu, susu bubuk dan garam. Aduk hingga merata ketiga bahan tersebut.
  2. Tambahkan putih telur yang sebelumnya telah dikocok lepas. Setelah itu aduk hingga tercampur rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk adonan sampai semua bahan rata dan tidak ada adonan yang masih menggumpal.
  3. Panaskan wajan datar kecil dengan diameter 12 cm di atas api kecil. Masak adonan bahan kulit Risles Pisang Coklat tipis-tipis. Lakukan hingga semua adonan bahan kulit Risoles Pisang Coklat habis. Sisihkan kulit Risoles.
  4. Dan sementara itu di dalam wadah kecil, larutkan ½ sendok makan coklat bubuk dan 2 sendok makan air hingga coklat tercampur dan larut.
  5. Pada wajan lain, panaskan margarin, gula pasir dan larutan coklat di atas api kecil. Masak hingga larutan coklat mulai mengental. Tambahkan pisang kepok yang sebelumnya  telah Anda potong kotak atau potong dadu. Aduk sampai tercampur rata. Angkat dari api. Sisihkan.
  6. Ambillah selembar kulit Risoles, lalu beri isian secukupnya. Kemudian lipat membentuk Risoles. Sisihkan. Lakukan hingga semua kulit dan bahan isian Risoles Pisang Coklat habis.
  7. Celupkan Risoles Pisang Coklat ke dalam putih telur yang sebelumnya telah Anda kocok lepas. Dan setelah itu gulingkan Risoles di dalam tepung panir halus hingga seluruh permukaan dari Risoles Pisang Coklat terselimuti oleh tepung panir tersebut. Lakukan hingga semua Risoles Pisang Coklat habis. Sisihkan.
  8. Sementara itu, Anda bisa memanaskan minyak secukupnya pada wajan di atas api sedang. Dan setelah minyak cukup panas, masukkan Risoles Pisang Coklat ke dalam minyak dan gorenglah sampai permukaan Risoles Pisang Coklat mulai berubah kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan.
  9. Risoles Pisang Coklat yang melumer ketika Anda menggigitnya pun siap disajikan saat masih hangat, B’timers.

Nah, selamat mencoba membuat Risoles Pisang Coklat, ya, B’timers! Coba untuk mengkreasikan Risoles Pisang Coklat dengan isian favorit dengan topping yang menggiurkan, deh! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE