Resep “Angel Biscuit” Selembut Kecupan Malaikat
Resep “Angel Biscuit” Selembut Kecupan Malaikat
16.03.2016

B’timers pernah mendengar istilah angel biscuit? Yap, angel biscuit dapat dikategorikan sebagai roti roll yang lembut. Namun, karena bagian luarnya terbentuk dari lapisan kue renyah, roti ini disebut sebagai angel biscuit. Kue yang bernama lain bride’s biscuit ini sangat cocok Anda sajikan untuk keluarga saat menghabiskan akhir pekan.

Resep “Angel Biscuit” Selembut Kecupan Malaikat
Luarnya terlihat keras, namun dari dalam terasa lembut di lidah Anda
bahan - bahan :
  • 640 gram tepung terigu serbaguna
  • 170 gram shortening (mentega putih)
  • 7 gram bubuk yeast kering aktif
  • 500 ml buttermilk
  • 60 ml air hangat bersuhu 45oC
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan baking powder
  • 1 sendok teh baking soda

Cara membuat:

1. Larutkan yeast bersama air hangat dalam mangkuk kecil. Biarkan hingga berbusa selama 5 menit, tambahkan buttermilk dalam yeast, aduk rata dan sisihkan.

2. Dalam sebuah mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula, baking powder, baking soda, dan garam. Tambahkan mentega putih dan mixer hingga bertekstur kasar.

3. Masukkan adonan yeast dan buttermilk ke dalam adonan roti. Haluskan dengan mixer hingga seluruh adonan tercampur sempurna dan bertekstur lembut.

4. Pindahkan adonan ke atas papan yang sudah dilumuri tepung. Uleni adonan hingga 4-5 kali hingga adonan kalis.

5. Bentuk adonan biskuit menjadi silinder panjang dengan ketebalan 1,5 cm. Potong-potong adonan menjadi panjang 6 cm masing-masing. Letakkan di atas loyang yang sudah dilumuri cooking spray atau tepung.

6. Tutupi adonan dalam loyang dengan kain basah dan biarkan dalam suhu ruangan selama 1 jam hingga seluruh adonan mengembang menjadi dua kali ukuran semula.

7. Selama menunggu adonan mengembang, B’timers panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 220oC.

8. Masukkan adonan ke dalam oven yang sudah panas selama 10-12 menit hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Resep “Angel Biscuit” Selembut Kecupan Malaikat
Dimakan langsung ataupun diberi isian sesuai selera tetap lezat, lho!

Saat B’timers meletakkan adonan biskuit dalam loyang, pastikan masing-masing adonan saling bersentuhan satu sama lain agar biskuit Anda mengembang sempurna. B’timers juga dapat menyimpan adonan dalam freezer untuk dipanggang di kemudian hari. Dengan begitu, menyajikan angel biscuit untuk keluarga setiap hari bukan hal yang sulit kan? Selamat merasakan kelembutan bagai kecupan sang malaikat! (ft)

Share This Article