Resep Kue Donat Kentang Lembut di Mulut | Breaktime
Resep Kue Donat Kentang Lembut di Mulut
29.07.2017

B’timers, Anda sedang bingung mencari ide camilan di penghujung minggu ini? Wah, pas banget kalau begitu sebab Breaktime kini hendak berbagi resep kue donat dengan variasi yang lain daripada yang lain. Yap! Bila biasanya donat merupakan makanan penutup dengan bahan dasar utama berupa tepung terigu, pada resep yang satu ini Ia akan ditambahi dengan sentuhan kentang. Tujuan pemakaian kentang ini selain membuat donat jadi lebih padat, Ia juga memberi rasa yang lebih kaya dan bikin ketagihan. Susahkah untuk membuatnya? Langsung saja Anda catat resepnya di bawah ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Kue Pie Ayam Jamur Unik dari Homemade Puff

Donat Kentang Empuk Nendang

Resep Kue Donat Kentang Lembut di Mulut | Breaktime
Donat kentang, dessert favorit siapa saja!

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 200 gram kentang yang telah dikukus lalu dihaluskan
  • 11 gram ragi siap pakai
  • 100 gram gula kastor
  • 50 gram susu bubuk
  • 4 buah kuning telur ayam
  • 100 ml air dingin
  • 75 gram mentega
  • ¼ sendok teh garam
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ide Terbaik Resep Masakan Sehat yang Disuka Anak

Cara membuat:

  1. Pertama-tama campur terlebih dahulu bahan kering seperti tepung terigu, gula halus, ragi dan susu bubuk sampai rata.
  2. Baru selanjutnya, tambahkan kuning telur beserta kentang yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam adonan. Agar adonan lebih mudah untuk diuleni, tuangkan perlahan air dingin ke dalam adonan sampai Ia menjadi kalis.
  3. Kini waktunya Anda memasukkan mentega dan garam sembari tetap menguleni adonan. Terus uleni adonan sampai Ia terasa mudah dibentuk dan tak lengket di tangan. Next, biarkan adonan tertutupi serbet selama kurang lebih 20 sampai 30 menit lamanya. Wajib diberi serbet ya supaya adonan tetap moist alias tak kering.
  4. Singkirkan serbet dari adonan dan ratakan adonan sampai Ia menjadi lebih mudah dibentuk menjadi bentuk ala donat. Atau bila tak ingin repot dan menginginkan hasil yang lebih presisi, pakai saja cetakan donat yang tersedia di toko-toko alat dan bahan kue terdekat.
  5. Kembali diamkan adonan yang sudah dibentuk menjadi bentuk donat selama 20 sampai 30 menit.
  6. Panaskan wajan dengan minyak goreng yang banyak agar saat menggoreng, donat dapat tenggelam sempurna di dalam minyak.
  7.  Goreng donat memakai api kecil dan angkat ketika warna donat sudah berubah emas kecoklatan.
  8. Setelah selesai ditiriskan, hias donat menggunakan aneka topping seperti mentega meses atau selai varian buah yang menyegarkan.
  9. Sajikan.

Ini sih resep kue donat yang super gampang untuk dipraktikkan ya, B’timers? Dan untuk masalah jaminan rasa, Anda tak perlu khawatir. Asalkan Anda mengerjakannya secara step by step alias secara runtut dan benar, maka sudah pasti Anda akan mendapat hasil donat kentang yang empuk dan lembut.

Resep Kue Donat Kentang Lembut di Mulut | Breaktime
Kentang akan menambah cita rasa gurih pada donat
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Resep Kue Donat nan Manisnya Begitu Menggoda

Meski begitu, ada beberapa tips juga yang harus diperhatikan ketika mengeksekusi resep kue donat kentang ini B’timers. Seperti contohnya, Anda bisa menggunakan bantuan sumpit pada saat menggoreng donat. Lakukan gerakan memutar pada bagian lubang tengah donat memakai sumpit sewaktu menggoreng agar. Fungsinya, ini agar donat yang digoreng jadi matang dengan bentuk yang lebih mengembang. Saat hendak memasukkan kentang ke dalam adonan donat, pastikan Ia sudah benar-benar halus tanpa ada sisa kentang yang masih kasar. Memasukkannya pun harus saat dalam keadaan dingin. Alasannya, agar ragi yang ada dalam adonan kentang tidak gagal aktif akibat suhu panas yang tercampur. Selamat mencoba resep ini  ya, B’timers. Happy cooking and good luck! (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE