Resep Kue Basah Buat Santap Dessert Makin Ceria | Breaktime
Resep Kue Basah Buat Santap Dessert Makin Ceria
21.07.2017

Membuat kue mungkin hanya menjadi hobi segelintir orang. Ada kesenangan tersendiri untuk foodies yang memang suka banget bereksperimen di dapur. Beberapa kue mungkin dianggap cukup sulit untuk membuatnya. Misalnya saja kue-kue tradisional  Nusantara. Resep kue basah jadi salah satu yang cukup menantang untuk ibu-ibu di dapur pastinya.

Namun, hingga saat ini kue basah masih terus jadi hidangan ringan di berbagai acara. Mulai dari arisan hingga pernikahan. Jadi pas banget, nih mama-mama muda yang akan mengadakan acara lebih seru menghidangkan kue basah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Beraneka Resep Kue Kering dengan Cita Rasa Unik!

Nah, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep dari Breaktime berikut ini. Sebenarnya ada banyak resep kue basah yang bisa Anda coba. Hanya saja kali ini Breaktime memilih kue cenil yang berwarna-warni dan imut.

Buat kalian yang belum tahu kue cenil sayang sekali, deh. Kue khas Jawa dengan cita rasa yang manis dan teksturnya yang kenyal bikin nagih. Apalagi topping-nya yang berupa parutan kelapa dan tetesan gula merah cair bikin cita rasanya makin greget. Daripada penasaran, langsung saja yuk, let’s get cooking!

Kue Cenil

Resep Kue Basah Buat Santap Dessert Makin Ceria | Breaktime
Kenyalnya kue cenil tradisional
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep dan Cara Membuat Bakso Daging Enak Nikmat!

Bahan-bahan :

  • 400 gram tepung kanji, larutkan dengan 60 ml air
  • 215 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • Pewarna makanan
  • 2000 ml air untuk merebus
  • 8 – 10 lembar daun pandan, potong-potong
  • ½ butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
  • 1 sendok teh garam
  • 6 sendok makan gula pasir

BACAJUGA;3

Cara membuat :

  1. Didihkan air dan garam di atas api sedang. Masukkan larutan tepung kanji sambil diaduk hingga adonan mengental, kemudian angkat.
  2. Aduk terus hingga adonan mengental rata dan agak dingin. Campurkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalamnya. Uleni hingga rata, lalu bagi adonan menjadi tiga bagian dan masing-masingnya diberi warna.
  3. Ambil satu sendok makan adonan setiap warna, lalu rekatkan menjadi satu. Gulung-gulung berbentuk panjang sebesar kelingking dan potong-potong.
  4. Masak air dan daun pandan hingga mendidih. Kecilkan api dan tutup panci. Masak hingga aroma pandannya meresap. Buang daun pandan, masukkan adonan yang sudah dipotong-potong, masak hingga mengapung, kurang lebih 5 menit. Angkat.
  5. Gulingkan ke dalam kelapa parut yang telah dicampur garam, hidangkan dengan taburan gula pasir.
  6. Sajikan.

Ternyata gampang banget, kan cara buatnya? Jauh dari yang dibayangkan. Lagipula jika membuat sendiri foodies bisa berkreasi sesuka hati. So, nggak perlu pikir panjang lagi saat akan mengadakan acara. Anda bisa praktekkan resep kue basah a la Breaktime ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE