Resep Ikan Bandeng Bakar Bumbu Makassar | Breaktime
Resep Ikan Bandeng Bakar Bumbu Makassar
28.10.2017

Sebagai negara kepulauan, salah satu kekayaan kuliner yang paling disukai di Indonesia ialah ikan bakar. Mulai dari kedai di tepi pantai Aceh, restoran di tepi pantai Kupang, hingga di belantara gedung beton Jakarta, ikan bakar selalu menjadi menu favorit yang banyak dicari. Berbagai wilayah di Indonesia seakan tak mau kalah menyimpan aneka sajian ikan bakar mereka sendiri, sebut saja ikan bakar Cianjur khas Sunda, ikan bakar Jimbaran khas Bali, hingga ikan bakar khas Makassar atau Maluku yang berasal dari kawasan Indonesia Timur. Uniknya, ikan bakar khas setiap daerah di Nusantara memiliki campuran bumbu dengan citarasa tersendiri dan dibakar dengan alas daun pisang agar agar ikan tidak rusak dan hancur ketika dibalik maupun lengket di alat pemanggang.

Kali ini, Breaktime akan mengajak Anda mengkreasikan ikan bakar khas Makassar yang memiliki perpaduan bumbu nan unik. Tak perlu jauh-jauh ke resto ikan bakar di tepian Bendungan Bili-bili yang terletak di wilayah Kabupaten Gowa, sekitar 2 jam perjalanan dari Makassar untuk merasakan ikan bakar dengan citarasa bumbu khas Makassar. Apabila ikan bakar khas Makassar biasanya menggunakan ikan laut, Anda juga bisa menyajikan ikan bandeng sendiri di rumah sebagai olahan ikan bakar dengan olahan bumbu Makassar. Resep ikan bandeng bumbu Makassar kali ini tak hanya menawarkan eksotisme racikan bumbu ikan bakar khas Makassar, tapi juga gurihnya ikan bandeng yang menggoda selera. Bahan yang Anda butuhkan diperlukan untuk memasak resep ikan bandeng bumbu Makassar di antaranya ialah:

  • 2 ekor ikan bandeng yang setara dengan 350 gram
  • 2 sendok makan margarin, panaskan hingga meleleh
  • 2 sendok teh larutan asam jawa. Untuk membuat larutan asam jawa, campurkan 2 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Masak Ayam Penyet Berbalut Tepung Kriuk
Resep Ikan Bandeng Bakar Bumbu Makassar | Breaktime
Tak hanya ikan laut, bandeng kini bisa dibakar dengan olahan bumbu khas Makassar

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya
  • 1 batang serai. Ambil bagian putihnya saja kemudian memarkan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Halloween Bersama Buah Hati Dengan Resep Disney

Tips sebelum memasak ikan bandeng bakar bumbu Makassar, pastikan ikan bandeng masih dalam keadaan segar sebelum dimasak. Sebagai pelengkap resep ikan bandeng bakar, Anda dapat menghidangkannya dengan aneka sajian sesuai selera.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Sayur Jukut Bejek khas Bali

Cara memasak:

  1. Balurkan larutan asam jawa ke seluruh permukaan ikan bandeng lalu diamkan sejenak selama 15 menit hingga citarasa asam jawa meresap ke daging ikan bandeng.
  2. Selanjutnya, tambahkan aneka bumbu yang sudah dihaluskan serta margarin cair. Aduk hingga rata. Diamkan campuran bumbu tersebut hingga meresap, kira-kira selama 25 menit.
  3. Bakar ikan bandeng sambil terus dibolak-balik hingga matang. Jangan lupa mengoleskan sisa bumbu agar citarasa olahan bumbu ikan bakar khas Makassar semakin kuat terasa.
  4. Setelah matang, angkat dan pindahkan ikan bandeng bakar ke wadah saji.

Resep ikan bandeng bakar bumbu makassar kali ini bisa Anda sajikan untuk 2 porsi dan dinikmati bersama orang terkasih. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE