Resep Cocoa Nog Minuman Asing Tapi Enaknya Juara | Breaktime
Resep Cocoa Nog, Minuman 'Asing' Tapi Enaknya Juara
24.04.2016

Hai, B’timers. Sudah siap membuat minuman dan makanan lezat untuk membuat hari lebih ceria, kan? Nah, kali ini, Breaktime akan mengajak Anda membuat sebuah minuman yang mungkin kurang terlalu familiar. Minuman yang akan kita bahas kali ini adalah eggnog. Anda pernah minum eggnog, B’timers?

Eggnog adalah salah satu minuman musiman yang merupakan minuman manis dengan bahan utama kuning telur. Kuning telur yang telah dipisahkan dari putihnya kemudian dikocok dan ditambah air serta gula atau susu. Sebagai perisa, bahan yang diperlukan eggnog adalah bubuk vanili, pala, atau kayu manis. Minuman ini bisa menjadi minuman beralkohol dengan tambahan rum, brendi, atau wiski.

Resep Cocoa Nog Minuman Asing Tapi Enaknya Juara | Breaktime
Boleh ditambah whipped cream

Sebagai informasi, asal eggnog masih belum diketahui secara pasti. Entah itu berasal dari Inggris atau negara-negara Eropa lainnya setelah abad pertengahan. Namun biasanya minuman ini juga menggunakan tambahan rum untuk membuatnya jadi sedikit memabukkan. Rum sendiri mulai ada sejak tahun 1700 Masehi.

Nah, ada beberapa teori berbeda yang mencoba mendeskripsikan arti nama "eggnog" yang sebenarnya. Salah satu teori mengatakan bahwa Nog berasal dari kata "noggin", yang merupakan, cangkir kayu berukuran kecil dan “egg” adalah telur karena bahan utamanya adalah kuning telur. Kemudian, jadilah nama minuman musiman ini disebut sebagai eggnog.

Jika Anda belum pernah mencicipi eggnog, ciptakan pengalaman pertama merasakan enaknya eggnog, yuk! Namun, Breaktime akan berbagi resep eggnog cokelat atau lebih beken dengan nama Cocoa Nog. Berikut cara membuatnya.

Resep Cocoa Nog Minuman Asing Tapi Enaknya Juara | Breaktime
Cita rasa cokelat lebih nikmat

Bahan-bahan:

  • Bahan-bahan di bawah ini cukup untuk 30 porsi
  • 6 sdm bubuk cokelat bebas gula
  • 4 cangkir eggnog, dibagi
  • 1 liter rum
  • 1 liter brendi
  • Cokelat pahit parut untuk garnish

Cara membuat:

  1. Kocok cokelat bubuk dan 1/3 cangkir eggnog sampai halus.
  2. Selanjutnya dalam tepat tertentu, kocok campuran cokelat dan eggnog tadi dengan seluruh eggnog yang tersisa hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan rum dan brendi. Kocok kembali hingga merata.
  4. Langkah terakhir, tuangkan Cocoa Nog yang telah jadi ke dalam gelas khusus. Taburi dengan cokelat parut di atasnya. Boleh ditambah cherry biar terlihat lebih cantik.
  5. Hidangkan.

Karena porsinya banyak, lebih sempurna disajikan saat sedang berkumpul dengan keluarga besar atau sahabat-sahabat. Selamat mencoba, ya! (nap)

Share This Article