Bakso Keju Bayam Lezat Sekaligus Menyehatkan | Breaktime
Resep Bakso Keju Bayam Lezat Sekaligus Menyehatkan
14.03.2016

Apa yang muncul di pikiran B’timers setelah mendengar kata bakso? Pasti terbayang bulatan daging lezat yang bisa disajikan dengan kuah kaldu, digoreng, ataupun dibakar dengan saus. Bakso merupakan kudapan yang tidak pernah gagal memanjakan lidah Anda. Nah, kalau bahan utama daging diubah menjadi potongan bayam, bagaimana jadinya ya?

Yap, bakso keju bayam dapat menjadi solusi bagi B’timers yang kurang gemar menyantap makanan sehat satu ini. Padahal dengan berbagai nutrisi yang dikandung bayam, jelas bayam sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan kelezatan keju yang lumer di sela-sela bayam akan siap membuat Anda ketagihan dengan kudapan ini. 

Bakso Keju Bayam Lezat Sekaligus Menyehatkan | Breaktime
Daun bayam menyimpan zat besi yang menjaga sel darah merah tetap stabil
bahan - bahan :
  • 250 gram bayam beku
  • 100 gram tepung roti
  • 225 gram keju mozzarella parut
  • 1 butir telur
  • 2 sendok teh bumbu Italia
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • Saus pasta tomat secukupnya sebagai pendamping

Cara membuat:

1. B’timers harus mencairkan dahulu bayam beku dengan merendamnya ke dalam air. Setelah bayam sudah tidak membeku, tiriskan dan peras agar air dalam bayam keluar seluruhnya.

2. Panaskan oven pada suhu 200oC terlebih dahulu. Lumuri loyang lebar dengan menggunakan cooking spray. Sisihkan.

3. Saatnya B’timers membuat adonan bakso keju dengan mencampurkan bayam, tepung roti, mozzarella parut, telur, bumbu Italia, dan bubuk bawang menjadi satu. Aduk hingga rata.

Bakso Keju Bayam Lezat Sekaligus Menyehatkan | Breaktime
Bulat-bulat menggiurkan meski belum dipanggang

4. Bulat-bulatkan adonan bakso bayam menjadi berdiameter kira-kira 3 cm. Susun bakso bayam di atas loyang yang sudah dilumuri cooking spray.

5. Masukkan bakso ke dalam oven dan panggang selama 10-15 menit hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dari oven dan sajikan dengan saus pasta tomat.

B’timers yang kesulitan menemukan bumbu Italia dapat membuat sendiri di rumah. Campurkan basil kering, oregano kering, rosemary kering, marjojam kering, cilantro kering, thyme kering, dried savory, dan bubuk cabai merah masing-masing dua sendok makan. Masukkan ke dalam food processor dan blend selama 1-2 menit. Simpan dalam toples bersih dan bumbu Italia B’timers siap untuk digunakan dalam berbagai masakan.

Bakso Keju Bayam Lezat Sekaligus Menyehatkan | Breaktime
Sajikan denga kuah kare juga lezat sebagai pengganti saus tomat

Tambahkan potongan jamur ke dalam bakso keju bayam Anda untuk menambah tekstur dan rasa semakin sedap. Bayam beku akan sedikit hambar untuk lidah B’timers, tambahkan bumbu sesuai dengan selera Anda. Cicipi terlebih dahulu adonan bakso bayam sebelum dibulatkan dan dipanggang dalam oven.

B’timers juga dapat membekukan bakso keju bayam Anda di dalam freezer dan dapat digunakan kapan saja. Bakso keju bayam ini dapat bertahan hingga maksimal satu bulan di dalam lemari pendingin. Masak dalam oven selama 25-35 menit sebelum disajikan. Jadi, B’timers tidak perlu repot membuat makanan lezat satu ini berulang kali, kan? Selamat mencoba! (ft)

Share This Article