Resep Acar Kuning Mentimun Pencegah Sembelit | Breaktime
Resep Acar Kuning Mentimun Pencegah Sembelit
31.01.2016

Acar seringkali menjadi teman makan nasi goreng, mie goreng hingga sate bakar. Bahkan acar selalu bisa menemani acara makan B’timers di hampir setiap makanan berlemak. Material acar yang sering Anda temui biasanya terdiri dari timun hijau, wortel, dan bawang merah. Tapi tahukah B’timers jika resep acar kuning mentimun justru menggunakan timun suri daripada timun air?

Jika timun suri atau timun mas kerap B’timers konsumsi secara langsung karena memang lebih manis dari timun air biasanya. Namun, tidak ada salahnya untuk membuat acar dari timun suri. Acar timun suri selain menyegarkan, juga mampu memperlancar kondisi pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit. Nah, B’timers bisa langsung membuatnya dengan cara seperti ini, nih!!

Resep Acar Kuning Mentimun Pencegah Sembelit | Breaktime
Bentuk bulat timun suri yang mengandung banyak nutrisi
bahan - bahan :
  • 4 buah timun suri berukuran besar
  • 1000 ml air
  • 1000 ml cuka
  • 100 gram garam
  • 500 gram gula
  • 75 gram biji sesawi
  • 225 gram pickling spice

Cara membuat :

  1. Langkah pertama dalam resep acar kuning mentimun ini adalah mencuci dan membuang isi dari timun suri. Lalu potong-potong memanjang.
  2. Masukkan potongan timun suri di dalam wadah seperti kuali atau toples. Campur air dengan garam, aduk hingga garam larut lalu tuangkan ke dalam toples berisi timun suri hingga seluruh timun terendam air garam. Biarkan semalaman.
  3. Setelah semalaman, buang air garam yang ada di toples dan tiriskan timun suri Anda.
  4. Dalam sebuah panci, campurkan cuka, gula, biji sesawi dan pickling spice menjadi satu dan masak hingga mendidih. Biarkan masak selama 15 menit hingga menyusut.
  5. Masukkan potongan timun suri ke dalam campuran cuka, masak hingga timun suri matang dan berwarna bening. Pindahkan dan susun timun suri ke dalam toples yang sudah steril.
  6. Tuangkan cairan cuka yang sudah dimasak tadi ke dalam toples hingga terisi penuh.
  7. Tutup toples hingga rapat dan simpan acar mentimun Anda di tempat yang kering, dingin, dan gelap.
Resep Acar Kuning Mentimun Pencegah Sembelit | Breaktime
Warna kuning yang mampu mengikat nafsu makan Anda

Resep acar kuning mentimun ini hanya untuk sekitar satu toples saja. Jika B’timers tidak ingin ribet di kemudian hari, Anda bisa memasak acar ini dalam porsi besar hingga 3-4 toples. Karena melalui proses fermentasi, tidak hanya tahan lama, acar mentimun mengandung khasiat untuk mengontrol tekanan darah Anda. Jadi kalau Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka sebaiknya B’timers rutin mengonsumsi acar mentimun yang pamor kelezatannya ini. Selamat mencoba. (ft)

Share This Article