Pisang Ape Makassar, Tradisional Lumer Di Bibir | Breaktime
Pisang Ape Makassar, Camilan Tradisional yang Rasanya Lumer Di Bibir
20.11.2015

Camilan jenis apa yang B'timers suka, yang manis atau yang gurih? Kali ini Breaktime punya resep kue khas Indonesia yang rasanya tidak kalah lezat dengan snack modern saat ini. Pisang Epe Makassar, adalah olahan asli Makassar berbehan dasar pisang yang disirami saus manis.

Saus manis ini berasal dari gula aren atau yang sering juga disebut gula merah. Meskipun rasanya berbeda dengan gula putih, kandungannya lebih menyehatkan dibandingkan dengan gula putih. Dipadukan dengan pisang, saus manis ini sangat cocok sekali disantap ketika bersantai setelah bekerja.

Bagi B'timers yang ingin mencoba memasak resep ini, berikut cara membuatnya :

Pisang Ape Makassar, Tradisional Lumer Di Bibir | Breaktime
Santap ketika masih kondisi panas
bahan - bahan :
  • 2 lembar daun pandan (dibentuk simpul)
  • 150 ml air
  • 300 gram gula aren (sudah diserut)
  • 1 sisir pisang kepok matang atau mengkal (disesuaikan selera)
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Langkah pertama adalah membuat sausnya, rebus gula aren beserta air. Tambahkan garam dan daun pandan sampai gula menjadi larut dan mengental. Angkat dan dinginkan.
  2. Selanjutnya adalah tahap perebusan pisang. Masukan pisang bersama kulitnya dalam sebuah panci untuk direbus. Sambil ditekan-tekan pisang tersebut agar menjadi pipih. Setelah itu, angkat dan bakar sambil dibolak-balik sampai matang.
  3. Saat sudah selesai, angkat pisang dan letakkan pada piring untuk dilumeri saus manis yang tadi. Pisang epe siap disantap.

Cukup mudah, bukan? Kalau suka, Anda juga bisa menambahkan topping lain seperti keju atau kismis. Selamat mencoba! (wsu)

Share This Article