Pepes Teri Pare, Kreasi Si Pahit Yang Yummy! | Breaktime
Pepes Teri Pare, Kreasi Si Pahit Yang Yummy!
14.01.2017

Pare adalah salah satu jenis sayur yang punya rasa khas. Hampir setiap orang tidak terlalu menyukai sayur ini. Bagaimana tidak, rasanya sangat pahit dan cukup susah untuk mengolahnya. Apakah ada di antara B’timers yang suka banget dengan pare?

Meskipun rasanya pahit, ternyata pare mengandung zat-zat yang sangat baik untuk tubuh lho. Pare mengandung tinggi serat, vitamin C, karoten, kalium, dan antioksidan. Lalu, apa fungsi dari zat-zat tersebut?

Yup, sudah jelas bahwa kandungan pare berfungsi untuk melawan sel-sel kanker, khususnya kanker payudara, ampuh menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes, dan memperlancar atau memperbaiki sistem pencernaan.

Meskipun rasanya pahit, tetapi pare masih saja menjadi salah satu bahan favorit dalam beberapa jenis masakan. Yang paling sering kita lihat adalah jajanan siomay. Pare dalam jajanan siomay hanya cukup direbus dan dicampur dengan bahan lainnya, kemudian disiram bumbu kacang. Rasa pahitnya memang tak akan hilang, tetapi dijamin memberikan kenikmatan tersendiri.

Selain itu, pare juga bisa dibuat menjadi tumis. Nah, Anda bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti udang atau ikan teri. Kalau dijadikan menjadi tumis, rasa pahit pare tidak terlalu tajam karen dicampur dengan bumbu-bumbu yang nikmat.

Nah, yang terakhir adalah pepes pare. Mungkin B’timers jarang mendengar dan makan olahan pare yang satu ini. Tetapi, ketahuilah bahwa ini akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Masakan ini juga bisa Anda kombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti irisan tempe, tahu, udang, teri, atau yang lainnya. Kali ini, Breaktime akan berikan resep mantap pepes pare teri yang gampang banget dibuatnya.

Pepes Teri Pare

Pepes Teri Pare, Kreasi Si Pahit Yang Yummy! | Breaktime
Buat olahan variasi pare yang lezat!

Bahan-bahan :

  • 1 buah pare gaji, iris tipis
  • 100 gram teri nasi, cuci bersih
  • 8 buah cabai merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :

1.Pertama-tama, tumis bawang putih dan cabai merah hingga matang, kemudian angkat.

2.Setelah itu, campurkan pare, teri, dan tumisan cabai.

3.Tambahkan garam dan gula, aduk hingga rata.

4.Langkah selanjutnya, atur satu sendok makan campuran teri dan pare diatas selembar daun pisang yang sudah dipotong. Setelah rapi, bungkus campuran teri dan pare dengan daun pisang tersebut.

5.Kukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, angkat.

6.Anda juga bisa memanggangnya terlebih dahulu di atas wajan atau pan sebelum dihidangkan.

7.Jika tidak, pepes teri pare sudah bisa dihidangkan.

Gampang, kan B’timers cara membuat olahan pepes teri pare. Resep tersebut bisa dipakai untuk 6 bungkus pepes. Anda juga tak perlu memerlukan banyak waktu untuk bisa segera menyantap pepes teri pare.

Nah, kalau Anda ingin mengolah pare agar rasanya tidak terlalu pahit, bisa banget B’timers. Caranya juga mudah, Siapkan pare yang akan diolah, buang bijinya lalu potong-potong. Setelah itu, ambil 1/2 sendok teh garam. Lalu remas-remas pare yang sudah ditaburi dengan garam tersebut hingga rata.

Kemudian, diamkan selama 10 menit. Jika 10 menit telah berlalu, cuci pare dengan air bersih dan siap diolah. Eits, ini tidak akan menghilangkan rasa pahit pare 100%, ya. Jika Anda ingin menghilangkan rasa pahitnya, lakukan cara yang sama sebanyak beberapa kali.

Jadi, itulah sedikit informasi tentang sayur pare. Dengan resep tersebut, Anda bisa membuat olahan pare yang tidak membosankan. Happy cooking, foodies B’timers! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE