Pancake 4 Ways untuk Sarapan Simple yang Manis | Breaktime
Pancake 4 Ways untuk Sarapan Simple yang Manis
20.01.2017

Melakukan berbagai aktivitas sehari-hari mengharuskan kita memiliki banyak energi. Ini karena padatnya rutinitas menuntut kita untuk selalu bertenaga. Yap, dan semuanya tidak lepas dari bagaimana B’timers mengawali hari, lho. Selain mandi dan berdandan, yang paling penting adalah sarapan. Pasti pernah kan, Anda keluar dari rumah di pagi hari dengan tidak makan pagi lebih dulu?

Dan apa yang terjadi? Well, umumnya Anda akan kurang memiliki tenaga untuk fokus terhadap pekerjaan serta berbagai aktivitas yang dilakukan. Atau mungkin Anda memilih “diet” dengan meninggalkan sarapan? Tahukah Anda, bahwa sebenarnya ini keliru. Dengan tidak sarapan justru akan membuat tubuh mudah terasa lemas, serta besar kemungkinan kita lebih mudah mengantuk.

Yah, mungkin, kadang menu sarapan terasa membosankan, karena masih pagi Anda sudah harus memakan nasi dan makanan berat lainnya misalnya seperti daging untuk lauk pauk. Nah, kita tahu bahwa makanan pokok untuk orang Indonesia adalah nasi, sehingga tanpa memakan nasi rasanya seperti tidak benar-benar “makan”. Namun, ada banyak lho, makanan lain yang bisa dijadikan menu sarapan, meski bukan nasi. Salah satunya adalah pancake.

Yes, menu sederhana ini tidak hanya berbahan dasar beras yang sudah diolah jadi tepung tentunya, tapi juga berpadu dengan bahan-bahan lainnya yang melengkapi nutrisi pancake sendiri. Bahan bergizi lain seperti telur dan susu, menjadi campuran adonan pancake yang pas buat sarapan di pagi hari. Dengan tampilan, tekstur dan juga rasa yang lebih ringan, pancake adalah menu alternatif sempurna untuk sarapan Anda yang ceria dan menyenangkan.

Pancake 4 Ways untuk Sarapan Simple yang Manis | Breaktime
Bikin adonan pancake yang kentalnya pas dan lezat dimasak

Karena itulah, kali ini Breaktime bersama Kokiku berikan resep pancake yang beda dan seru. Supaya tidak itu-itu saja dan tidak membosankan, yuk, kita buat pancake 4 ways! Wah, seperti apa sih, pancake ini? Yaitu pancake dengan empat varian rasa, yummy. Tidak cuma cocok untuk menu sarapan di hari yang sibuk, tapi pancake bervariasi rasa ini juga sangat pas buat makan pagi di hari libur. Pasti meja sarapan Anda dan keluarga tercinta makin ramai dan seru.

Nah, daripada penasaran, langsung saja yuk, cek resepnya!

Bahan kering:

  • 600 gr tepung terigu
  • 3 tsp baking powder
  • 2 tsp baking soda
  • 1 tsp garam
  • 50 gr gula
  • 50 gr susu bubuk

Bahan basah:

  • 175ml susu
  • 1 sdm mentega cair
  • 2 sdm white vinegar
  • 1 Telur

Bahan red velvet:

  • Cocoa powder
  • Red food coloring

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan kering (tepung terigu,susu bubuk, baking soda, baking powder, gula, garam) di dalam wadah.
  2. Tambahkan white vinegar ke susu dan diamkan selama 5 menit. Kemudian campur dengan telur dan mentega cair.
  3. Tambahkan bahan kering ke campuran bahan basah.
  4. Masak di loyang anti lengket, tambahkan Nutella.

Nah, cara bikinnya gampang sekali, kan? Bahannya pun sangat mudah didapat. Ada juga pancake red velvet yang dari warnanya saja, sudah terasa menggoda selera, bukan. Kemudian untuk topping­-nya, Anda pun bebas berkreasi sesuai selera.

Kalau bosan dengan topping seperti yang tercantum di resep, Anda bisa memberi topping lain, seperti buah kiwi, selai nanas, meses atau kalau Anda penyuka pancake yang plain saja, saat masih panas langsung tambahkan blok mentega di atasnya, sehingga selain sebagian meleleh dan menetes di tepian pancake, masih tersisa blok yang tidak melted dan membuat tampilan pancake semakin cantik.

Well, itu tadi resep pancake 4 ways dari Kokiku. Kalau B’timers ingin mencoba resep menarik lainnya, langsung saja kunjungi website dan channel Youtube Kokiku. And happy cooking! (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE