Mantap, Ini Cara Buat Bakso Ikan Lezat di Rumah | Breaktime
Mantap, Ini Cara Buat Bakso Ikan Lezat di Rumah
20.08.2017

Bakso yang selama ini populer adalah yang terbuat dari daging sapi. Padahal, bahan utamanya bisa diganti dengan daging lain lho, B’Timers. Contohnya, ikan. Daging ikan memang lebih populer di masakan chinese dan cara buat bakso ikan kurang lebih sama dengan membuat bakso daging sapi. Gimana caranya? Simak langkah-langkahnya!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menu Makanan Tradisional: Sensasi Baru Gado-Gado
Mantap, Ini Cara Buat Bakso Ikan Lezat di Rumah | Breaktime
Menikmati sedapnya kreasi cara buat bakso ikan sendiri (cr. alihalal)

Bahan-bahan :

  • 1 kilogram ikan yang sudah di-fillet. Jenisnya bisa apa saja menyesuaikan selera Anda.
  • 1 sendok teh garam dapur atau garam kosher
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 butir telur. Ambil putihnya.
  • 1½ sendok makan tepung maizena
  • ¼ sendok teh lada putih yang dihaluskan. Jika tidak ada, bisa pakai yang sudah menjadi bubuk.
  • 1 sendok teh minyak wijen yang sudah dipanaskan.
  • 2 sendok teh kecap ikan
  • 200 mililiter air
Mantap, Ini Cara Buat Bakso Ikan Lezat di Rumah | Breaktime
Cara buat bakso ikan sendiri bisa ciptakan kelezatan yang original (cr. seikofoods)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mie Aceh, Menu Makanan Indonesia Kaya Rempah

Langkah-langkah :

  1. Pertama, cara buat bakso ikan adalah dengan menepuk-tepuk ikan fillet dengan tisu dapur untuk menghilangkan kandungan air yang ada di dalam dagingnya. Setelah kandungan airnya hilang, keruk pelan-pelan daging ikan. Fungsinya adalah untuk memisahkan dari kulitnya. Usahakan jangan sampai ada kulit yang terikut. Sisihkan daging ikan di mangkok besar. Jangan buang kulit ikannya karena bisa dijadikan kaldu. Kalau step ini susah, Anda juga bisa membeli fillet tanpa kulit. Biasanya tersedia di supermarket.
  2. Kemudian, masukkan daging ikan ke dalam food processor. Proses selama 30 detik atau sampai konsistensinya berubah menjadi adonan kental atau pasta. Ambil pasta ikan tersebut dengan spatula dan pastikan tidak ada sisa daging ikan di dalam processor.
  3. Setelah semua pasta ikan berada di dalam mangkuk, tambahkan garam, gula, putih telur, tepung maizena, lada putih, minyak wijen, kecap ikan, dan air secukupnya. Untuk hasil terbaik, gunakan mixer dengan kecepatan rendah selama 2 menit. Setelah tercampur rata, pindah kecepatan menjadi medium dan aduk selama 2 menit lagi. Setelah itu, kumpulkan adonan yang ada di sisi mangkuk dengan spatula.
  4. Mixer lagi dengan kecepatan medium to high selama 11 menit. Adonan ikan yang baik adalah terlihat halus dan sedikit mengkilat.
  5. Sambil mengaduk adonan, masak air di dalam panci dengan panas medium to high. Setelah mendidih, atur kepanasan di level medium. Siapkan pula mangkok berisikan air matang di dekatnya.
  6. Setelah adonan jadi, ambil adonan seukuran genggaman Anda dan letakkan di telapak tangan. Bentuk-bentuk sampai tidak terlalu lengket. Kemudian, remas adonan tersebut hingga muncul adonan berbentuk bola seukuran bola ping-pong diantara jempol dan jari telunjuk. Cara memerasnya seperti saat memeras buah jeruk. Ambil bola ikan tersebut dengan sendok dan masukkan ke dalam air yang dimasak tadi.
  7. Setiap bakso ikan yang sudah masuk ke dalam panci akan matang dalam 5 menit. Warnanya lebih pucat. Jika mengambang di air, tandanya bakso ikan Anda sudah matang. Pindahkan bakso ikan yang sudah matang tersebut ke dalam mangkok yang sudah diisi air kemudian tiriskan.
  8. Bakso ikan sudah bisa Anda santap langsung atau dimakan bersama kuah sup .
  9. Masih punya kulit ikan? Masak dengan air hingga berubah menjadi kaldu, tambahkan penyedap seperti gula, garam, dan lada. Masak hingga mendidih.
  10. It’s done! Bakso ikan beserta sup-nya bisa Anda santap bersama orang terdekat.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Bakso Beranak, Hitsnya Menggelikan Lidah

 Itulah cara buat bakso ikan yang paling mudah dan bisa Anda praktekan kapan saja dan dalam cuaca apa pun. Bosan dengan bakso ikan yang direbus? Variasikan dengan cara digoreng atau dipanggang dan sajikan dengan saus celup siap saji atau kreasi Anda. Bakso ikan ini juga bisa bertahan beberapa hari selama Anda menyimpannya di wadah kedap udara dan di dalam freezer. Selamat mencoba, B’timers!



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE