Lezatnya Sempol Ayam Empuk dengan Parutan Wortel | Breaktime
Lezatnya Sempol Ayam Empuk dengan Parutan Wortel
22.11.2017

Menjelang penghujung tahun, berbagai daerah di Indonesia kian kerap diguyur hujan lebat. Di musim hujan seperti ini, berbagai khazanah kuliner khas Nusantara mulai menampakkan dirinya dan bersiap menggoda selera Anda. Sempol ayam empuk menjadi salah satu jajanan andalan yang pastinya sangat nikmat untuk disantap di tengah dinginnya hujan. Kudapan khas pedagang kaki lima yang berasal dari Malang tersebut kini kian terkenal hingga mengalahkan popularitas aneka gorengan pinggir jalan lainnya seperti cilok, cireng, basreng atau bakso goreng, cakwe, maupun tahu aci.

Bersama dengan pendamping yang tak kalah menggairahkan seperti sambal kacang atau saus tomat, kelezatan sempol ayam kian empuk dengan tambahan wortel sebagai salah satu bahan utamanya. Sempol sendiri bisa diolah dari aneka bahan utama seperti sempol udang, sempol daging sapi, sempol ikan tenggiri, sempol kornet, sempol tahu, sempol ayam sosis, hingga sempol ayam yang dikombinasikan sempurna dengan udang dan daging sapi. Tentu saja, daging ayam menjadi alternatif favorit yang layak B’timers coba karena tak hanya gurihnya ayam yang tiada bandingnya, tapi juga harganya yang relatif terjangkau daripada jenis daging dan seafood lainnya.

Teksturnya yang kenyal dengan citarasa gurih memang sempurna untuk dijadikan camilan keluarga yang murah meriah. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, sempol menjadi kudapan favorit yang tak hanya bisa Anda dapatkan dengan mudah di pinggir jalan, tapi juga bisa dikreasikan sendiri di rumah. Proses memasak sempol ayam empuk sederhana saja dan tak membutuhkan keterampilan serta teknik khusus selain menusuk-nusuk adonan ke tusukan sempol dan memasaknya hingga matang. Berbeda dengan gorengan berjenis kaki naga yang cenderung berbentuk bulat gendut, sempol cenderung lebih ramping mirip sosis goreng ataupun sosis bakar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Memasak Cerdik Ini Buat Anda Melongo
Lezatnya Sempol Ayam Empuk dengan Parutan Wortel | Breaktime
Tambahkan parutan wortel ke dalam adonan sempol ayam agar makin empuk

Bahan sempol ayam:

  • Tepung tapioka 200 gram
  • Dada ayam 300 gram
  • Telur 2 butir
  • Wortel 1 buah
  • Daun bawang 2 batang
  • Tusukan sate, potong bagian ujungnya yang tajam
  • Lada secukupnya
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • Sedikit gula pasir
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jajanan Klasik Sempol Ayam Khas Malang

Cara membuat:

  1. Haluskan daging ayam serta bawang putih yang telah dipotong-potong. B’timers bisa menggunakan blender atau food processor.
  2. Selanjutnya, campurkan semua bahan menjadi satu, seperti telur, tepung tapioka, daging ayam, wortel yang telah diparut halus, bumbu penyedap, gula, dan sedikit lada. Uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga tercampur rata seluruhnya.
  3. Kemudian, ambil air sebanyak setengah panci yang telah ditambahkan sedikit minyak goreng. Rebus lalu kecilkan api setelah air mendidih.
  4. Oleskan minyak goreng sedikit saja ke permukaan jari tangan, lalu ambil dan tusukkan adonan sempol ke lidi hingga tak bersisa. Kemudian, masukkan adonan ke dalam panci dan rebus hingga adonan naik ke permukaan atau mengapung. Angkat lalu tiriskan. Lakukan terus sampai seluruh adonan yang telah ditusuk-tusuk habis.
  5. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang agak banyak. Celupkan sempol ke dalam kocokan telur, kemudian goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat lalu sajikan dengan saus cabe, saus tomat, atau mayones sesuai selera Anda.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kelezatan Hakiki Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Sempol ayam dengan perpaduan wortel bisa menjadi alternatif unik untuk menyiapkan jajanan berbahan wortel maupun aneka sayuran lainnya. Rasa sayur dijamin akan tersamarkan dengan gurih dan empuknya sempol ayam. Selamat berkreasi! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE