Kue Satu Kue Kering Kacang Hijau dari Jawa Barat | Breaktime
Kue Satu, Kue Kering Kacang Hijau dari Jawa Barat
11.04.2016

Beberapa makanan di Indonesia memiliki nama yang unik, bahkan beberapa di antaranya terdengar lucu. Tapi tentunya nama tersebut tidak sembarangan begitu saja diberikan, B’timers. Ada arti dan sejarah yang membayangi nama makanan tradisional di Indonesia. Begitu juga dengan kue satu yang merupakan kue tradisional dari Jawa Barat.

Tapi mengapa harus diberi nama kue satu, ya? Hmm, ini karena ketika proses pencetakan, adonan dicetak satu per satu, B’timers. Nah, dari situlah, muncul ide untuk memberi nama kue kering kacang hijau tersebut dengan nama kue satu. Cukup unik, ya?

Dan, ya, kue berbahan dasar kacang hijau memiliki rasa manis dengan tekstur lembut. Dengan bentuk imutnya membuat banyak orang suka, lho. Biasanya disajikan saat ada acara atau perayaan keagamaan, seperti Idul Fitri, khitanan atau acara pernikahan. Anda penasaran, bagaimana membuat kue satu, B’timers? Yuk, siapkan bahan-bahan berikut ini!

Bahan-bahan kue satu:

  • 200 gram kacang hijau, tumbuk kemudian sangrai
  • ¼ sendok teh ekstrak vanilla
  • 175 gram gula halus atau gula bubuk
  • Air matang atau air mineral, secukupnya
Kue Satu Kue Kering Kacang Hijau dari Jawa Barat | Breaktime
Kue satu, kue kering tradisional saat Lebaran

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, sangrai kacang hijau, kemudian pisahkan kulit arinya, baru tumbuk hingga halus. Anda juga bisa menghaluskannya menggunakan blender.
  2. Saring hasil tumbukan kacang hijau untuk memisahkan bagian yang masih kasar.
  3. Tambahkan gula bubuk dan sedikit ekstrak vanilla, lalu aduk hingga semua bahan kering tercampur rata.
  4. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran bahan kering, dan uleni dengan tangan. Lakukan sampai adonan menjadi pulen.
  5. Panaskan oven menggunakan api sedang hingga kecil, atau dengan suhu 145 sampai 160 derajat celcius.
  6. Sementara menunggu oven cukup panas, masukkan adonen kue dalam cetakan yang telah disediakan. Tekan-tekan hingga padat.
  7. Panggang dalam oven sebentar, atau hingga kue kering. Segera angkat dan dinginkan.
  8. Kue satu yang lembut dan manis, siap dinikmati!

Nah, tidak sulit untuk membuat kue satu sendiri, kan, B’timers? Dan, selain kue tradisional dari daerah lain yang lezat ini, jika Anda memiliki resep kue kering atau resep masakan andalan keluarga, tidak ada salahnya B’timers menguji keahlian di #BTindChallenge.

Melalui Breaktime Challenge, tunjukkan kepada dunia bahwa Anda layak menjadi #SmartKoki. Atau B’timers juga dapat mengunjungi Facebook Page Breaktime (https://www.facebook.com/BreaktimeInd/) untuk info lebih lanjut. So, tunggu apa lagi? Join us and get the prize! (NO)

Share This Article