Kudapan Sehat Chocolate Chia Coconut Power Balls | Breaktime
Kudapan Sehat Chocolate Chia Coconut Power Balls
03.11.2017

Dengan makin terbatasnya waktu dan mahalnya setiap menit yang dimiliki manusia di era milenial kali ini, setiap orang tentunya tak ingin menyiakan waktu begitu saja. Sayangnya, hal tersebut berdampak pada semakin banyak orang yang mulai beraktivitas di pagi hari tanpa sempat sarapan. Karena itulah energy bar yang mulanya digunakan sebagai asupan energi para atlet selama latihan maupun pertandingan kini mulai diperjualbelikan bebas untuk dikonsumsi masyarakat umum sebagai pengganti menu sarapan praktis. Dalam sebungkus energy bar normalnya terkandung 200–300 Kalori, 3–9 gram lemak, 7–15 gram protein, dan 20–40 gram karbohidrat.

Meski didapuk sebagai makanan yang tak hanya mengenyangkan tapi juga sehat, energy bar yang kini telah banyak dijual di pasaran nyatanya didominasi oleh kandungan kalori tinggi yang juga tidak sehat. Sebagai pengganti sarapan maupun makanan selingan, energy bar nyatanya mengandung kalori dan gula yang sama banyaknya dengan cokelat batangan. Energy bar yang baik hanyalah memanfaatkan pemanis rendah kalori serta cocoa butter dan dark chocolate sebagai bahan perasa alami. Untuk mendapatkan kuapan sehat alami, B’timers bisa mencoba mengkreasikan homemade energy bars dalam kreasi resep Chocolate Chia Coconut Power Balls seperti dilansir dari runningonrealfood.com berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Memasak Seblak Ceker

Bahan-bahan:

  • 1 ½ gelas buah kurma (350 gram)
  • ⅓  gelas cocoa powder (35 gram)
  • ½ gelas biji chia utuh (75 gram)
  • ½ gelas kelapa parut tanpa tambahan pemanis (45 gram)
  • 1 gelas potongan walnut mentah (125 gram)
  • 1/2 gelas berisi potongan dark chocolate (70 gram)
  • ½ gelas oats (50 gram)
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla murni untuk menguatkan citarasa
  • ¼ sendok teh garam kaya mineral
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Ikan Bandeng Bakar Bumbu Makassar
Kudapan Sehat Chocolate Chia Coconut Power Balls | Breaktime
Bola-bola coklat power balls yang bisa jadi andalan sarapan sehat mengenyangkan

Cara membuat :

  1. Rendam buah kurma di dalam wadah berisi air hingga terendam sepenuhnya.tunggu hingga 1 jam, lalu tiriskan dan buang bijinya, 
  2. Masukkan buah kurma dan seluruh bahan ke dalam blender atau  food processor hingga bertekstur seperti purée dan membentuk pasta yang cukup kental. Tambahkan aneka bumbu penyedap lalu blender sekali lagi hingga tercampur rata.
  3. Keluarkan dari dalam blender lalu bentuk menjadi bola-bola mungil bertekstur padat agar lebih mudah dikonsumsi dan sebagai alternatif bentuk kotak memanjang energy bar yang biasanya.
  4. Masukkan parutan kelapa ke dalam wadah datar lalu gulingkan bola-bola di dalam wadah hingga parutan kelapa menempel sempurna.
  5. Letakkan bola-bola cokelat di wadah anti lengket lalu simpan semalaman di lemari es.
  6. Keluarkan bola-bola cokelat di pagi hari lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara sebagai alternatif menu sarapan praktis atau makanan selingan.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Pindang Dabu-Dabu Bikin Selera Makan

Tak hanya kaya energi, resep Chocolate Chia Coconut Power Balls juga rendah kalori dan terbuat dari bahan-bahan yang lezat dan berkhasiat seperti buah kurma, dark chocolate, walnut, biji chia, hingga kelapa. Buah kurma berkhasiat sebagai pemanis alami rendah kalori, sedangkan cokelat terkenal sebagai bahan pangan yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien. Walnut memliki kandungan tinggi akan antioksidan, vitamin, hingga mineral. Kurma dan kelapa juga merupakan bahan alami yang kaya energi sehingga dapat mengenyangkan untuk waktu lama. Kini B’timers tak perlu khawatir kelaparan karena tak sempat sarapan sebelum mulai beraktivitas. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE