Kelezatan Khas Sunda dari Nasi Bakar Ikan Jambal | Breaktime
Kelezatan Khas Sunda dari Nasi Bakar Ikan Jambal
22.04.2016

Bila di negara Jepang B’timers mengenal adanya sushi, kalau di Indonesia Anda akan menemui kudapan lezat yang bernama nasi bakar. Nasi bakar ikan jambal khas Sunda ini salah satu kuliner favorit dan selalu diincar para wisatawan. Nasi dengan isian jambal pedas dan nikmat sangat pas disajikan selagi hangat untuk keluarga saat berakhir pekan. Ingin tahu resep lengkapnya? Check this out, B’timers!

Kelezatan Khas Sunda dari Nasi Bakar Ikan Jambal | Breaktime
Ikan asin jambal memiliki rasa asin khas dan daging yang tebal

Bahan-bahan:

  1. 2 gram ikan asin jambal, potong dadu
  2. 2 lembar daun pisang
  3. 1 mangkuk nasi panas
  4. 1 siung bawang merah, potong halus
  5. 1 siung bawang putih, potong kasar
  6. 3 buah cabai rawit
  7. 1 lembar daun salam
  8. ½ batang serai, iris tipis
  9. ¼ buah cabai merah, iris tipis
  10. ¼ batang daun bawang, iris tipis
  11. ¼ sendok teh gula pasir
  12. Kecap manis secukupnya
  13. Air secukupnya

Cara membuat :

1. B’timers dapat mulai memasak nasi bakar ikan jambal dengan membuat isiannya. Panaskan 1 sendok minyak goreng dalam panci di atas api sedang.

2. Tumis potongan ikan jambal hingga sedikit kering dan mengeluarkan aroma harum. Masukkan bawang merah dan bawang putih hingga layu. Masukkan potongan cabai merah dan gula. Aduk rata.

3. Masukkan cabai rawit ke dalam tumisan. B’timers dapat mengiris tipis atau membiarkannya utuh untuk memberikan sensasi kejutan dalam nasi bakar buatan Anda. Tumis hingga layu.

4. Tambahkan daun salam kering ke dalam tumisan. Setelah mulai matang, masukkan air dan kecap manis secukupnya untuk memberikan tekstur basah pada isian sehingga dapat menempel sempurna saat dibungkus nasi.

5. Setelah air dalam tumisan mulai sedikit, tambahkan potongan daun bawang dan masak hingga layu. Matikan api dan pindah isian jambal ke wadah terpisah.

6. Panaskan daun pisang di atas api kecil hingga lemas agar nantinya B’timers mudah dalam menggulung nasi bakar buatan Anda.

7. Setelah daun pisang lemas, letakkan di atas talenan. Sendokkan nasi hangat 3-5 sendok makan di tengah daun pisang. Tambahkan 1-2 sendok makan isian jambal yang telah B’timers buat di atas nasi.

8. Gulung daun pisang hingga nasi menutupi isian. Kunci ujungnya dengan menusukkan tusuk gigi pada kedua ujungnya agar nasi bakar Anda tidak berlarian saat dibakar. Ulangi hingga seluruh bahan habis.

9. Siapkan penggorengan, panaskan tanpa minyak di atas api sedang. Letakkan nasi yang sudah dibungkus daun pisang di atas penggorengan. Tekan-tekan dan balik saat daun pisang mulai berwarna kecokelatan.

10. Sajikan selagi hangat dengan tambahan lauk dan sambal.

Kelezatan Khas Sunda dari Nasi Bakar Ikan Jambal | Breaktime
Berikan daun kemangi untuk menambah aroma harum nasi bakar Anda

Nasi bakar ikan jambal yang dibakar diatas api membuatnya semakin menggiurkan untuk santapan akhir pekan Anda. Aroma kuat dari daun pisang bakar yang dipadu dengan kepedasan pas dari jambal dijamin akan membuat keluarga Anda ketagihan dan tidak ingin berhenti menyantap masakan Anda. Ingin menyajikan resep lainnya untuk keluarga Anda, kunjungi saja KokikuTV. Dengan bantuan KokikuTV, acara makan Anda jadi lebih lezat dan menyenangkan. (ft)

Share This Article