Kelezatan Hakiki Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang | Breaktime
Kelezatan Hakiki Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang
20.11.2017

Ngomongin sate tidak akan ada habisnya. Masakan khas Indonesia yang satu ini punya tempat sendiri di hati para pecinta kuliner. Tapi memang, rasanya seluruh daerah tanah air punya masakan khas masing-masing soal jenis dan bumbu sate. Jelas yang paling terkenal adalah sate bumbu kacang. Cuma, kali ini Breaktime mau berbagi cara bikin bumbu sate jamur tiram yang sedap.

Biasanya kan yang paling populer itu sate ayam dan sate kambing. Nah, sebenarnya masih ada banyak lagi bahan lainnya yang bisa diolah jadi sate lezat dengan bumbu meresap. Contohnya saja, daging sapi dan ikan, keduanya juga populer, kan, untuk dijadikan olahan sate. Tapi,kabar baik datang buat para penyuka jamur, nih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bikin Nagih! Ini Resep Sate Jamur Bumbu Kecap

Soalnya, ada hakcs dari Breaktime untuk di dapur Anda. Kalau sedang ada bahan jamur dan bingung mau dimasak apa, coba saja kali ini Anda mengolahnya jadi sate yang lezat. Untuk membuat sate kali ini bahannya adalah jamur tiram. Serunya adalah, bumbunya pakai bumbu kacang, jadi tidak cuma kecap saja, sudah seperti sate ayam saja, nih. Kita langsung cek resepnya, yuk.

Pertama mari menyiapkan bahan-bahannya yang sangat simple. Kita perlu 500 gram jamur tiram, 100 gram kacang tanah digoreng, 3 buah cabai merah diiris tipis dan digoreng, 1 siung bawang putih digoreng, 2 butir kemiri digoreng, ½ balok gula merah, 3 sendok makan kecap manis, 3 buah cabai rawit, 3 siung bawan merah dan garam secukupnya.

Kelezatan Hakiki Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang | Breaktime
Bumbu sate jamur tiram yang meresap lezat (cr. Cookpad Dina Triharwati)

Kalau semua bahan sudah siap, sekarang kita mempersiapkan untuk memasaknya. Pertama, rebus jamur sebentar dalam air mendidih, kemudian tiriskan dan suwir-suwir kasar. Berikutnya, haluskan kacang dan semua bumbu, tambahkan air lalu masak hingga mengental, tambahkan kecap sesuai selera kalau suka, kemudian koreksi rasa bumbu sate jamur tiram ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manis Segarnya Rujak Serut Bumbu Kacang

Jika sudah, celupkan sate jamur ke dalam bumbu kacang, lalu bakar hingga matang sambil diolesi tambahan kecap jika suka, sesuai selera saja. Nah, sate jamur tiram bumbu kacang ini siap disajikan dengan irisan cabai rawit dan bawang merah mentah. Hmm, sedap kan, rasanya?

Karena gampang sekali bahan-bahan dan cara membuatnya, bikin sate jamur ini dijamin anti ribet. Soal pedasnya juga bisa disesuaikan dengan selera. Sate jamur ini bisa dibilang merupakan makanan yang serba guna, lho. Soalnya, selain bisa dijadikan untuk lauk dan dimakan dengan nasi, sate jamur tiram dengan siraman bumbu kacang ini juga bisa jadi camilan di waktu senggang.

Kelezatan Hakiki Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang | Breaktime
Bumbu sate jamur tiram ini cocok juga untuk sate lainnya

Lagian, jamur yang tergolong sayur ini dijamin tidak akan bikin angka kalori melonjak. Jadi, meski makannya banyak tapi tetap saja nikmat dan sehat. Oh iya, selain buat dimakan di rumah, sate jamur yang praktis ini juga bisa dijadikan bekal untuk kerja atau untuk anak ke sekolah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gulai Daun Singkong, Sajian Sehat Keluarga Bahagia

Bahkan, kalau Anda ada rencana pergi outdoor atau tamasya atau piknik, sate jamur tiram dengan bumbu kacang ini juga cocok jadi bekal untuk santapan Anda bersama keluarga. Semua kalangan pun bebas menyantap masakan ini karena taste-nya memang bisa diterima di lidah siapa saja, terutama yang suka jamur dan sate.

Dan, kelebihan dari bumbu sate jamur tiram ini terletak pada kemirinya. Kemiri bisa memperkuat rasa sehingga bumbunya yang sudah meresap itu jadi makin strong. Pokoknya sedap banget, deh. B’timers yang hobi masak kudu coba bikin sate jamur tiram bumbu kacang satu ini. Dijamin nggak akan nyesel. Happy cooking!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE