Kejutan Nendang Di Balik Resep Kue Lapis Pisang | Breaktime
Kejutan Nendang Di Balik Resep Kue Lapis Pisang
07.08.2017

Siapa sih yang tidak mengenal kue lapis? Salah satu jajanan pasar tradisional khas Indonesia ini terkenal akan teksturnya yang lembut dan berlapis-lapis aneka warna, hingga rasa manisnya yang memanjakan lidah. Terdapat berbagai variasi resep kue lapis, dari ragam tekstur hingga bahan baku beraneka rupa. B’timers kali ini kan diajak mengulik resep kue lapis pisang.

Keistimewaan kue lapis pisang kali ini ialah teksturnya yang mirip bolu namun tetap memiliki bentuk berlapis, dan tentunya ditambahkan dengan potongan buah pisang di dalamnya. Tambahan potongan pisang tersebut akan membuat Anda ketagihan untuk terus menyantapnya. Selain dari bahan-bahan yang disebutkan di bawah ini, Anda dapat berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan lainnya sesuai selera.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Duo Resep Nasi Bakar Ekonomis Buat Anak Kos!

Resep kue lapis pisang kali ini cukup sederhana sehingga dapat Anda buat sendiri di rumah, yakni dengan cara dipanggang. Total waktu yang Anda butuhkan hanyalah 1 jam 20 menit, yakni 20 menit untuk menyiapkan seluruh bahan-bahan dan alat memasak serta 1 jam untuk memasak. Untuk membuat sekitar 15 porsi kue lapis pisang, bahan-bahan utama yang Anda butuhkan ialah:

  • 200 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 3 butir kuning telur
  • 100 gram tepung terigu

Selain bahan-bahan di atas, juga terdapat beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat bagian isi dari kue lapis pisang, yaitu:

  • 50 gram keju yang sudah diparut
  • 1 sisir buah pisang raja
  • 50 gram keju yang sudah diparut
  • 1 sisir pisang raja
Kejutan Nendang Di Balik Resep Kue Lapis Pisang | Breaktime
Resep kue lapis, kue tradisional manis
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cemal-Cemil Martabak Tahu Bikin Nagih!

Pertama, Anda harus membuat adonan kue lapis pisang terlebih dahulu. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan di antaranya ialah:

  1. Didihkan air di dalam panci, lalu tambahkan bahan-bahan lainnya, seperti garam dan margarin. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata dengan menggunakan sendok kayu.
  2. Ambil tepung terigu yang sudah Anda siapkan. Lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil terus-menerus diaduk.
  3. Angkat panci adonan dari atas kompor, kemudian masukkan kuning telur yang sudah Anda siapkan sambil terus diaduk sampai merata. Jika sudah selesai diaduk, sisihkan adonan terlebih dahulu.

Setelah adonan siap, mulailah membuat kue lapis pisang. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:Siapkan pinggan tahan panas, kemudian oleskan margarin di seluruh permukaannya hingga merata.

  1. Masukkan adonan yang sudah Anda buat sebelumnya tadi ke dalam pinggan, yakni kurang-lebih sebanyak setengah bagian. Selanjutnya, ratakan adonan tersebut di seluruh bagian pinggan.
  2. Untuk kejutan berupa isi buah pisang, ambil potongan pisang raja dan susun di atas adonan secara merata. Kemudian, taburi bagian atas potongan pisang dengan keju parut. Panaskan di atas panggangan kemudian tutup selama kurang lebih 25 menit.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Rendang Belut, Selera Unik Dari Minang
  1. Setelah selesai dipanggang, keluarkan adonan dari dalam panggangan kemudian lapisi kembali dengan menggunakan setengah bagian adonan sisanya hingga adonan habis. Selanjutnya, B’timers dapat kembali memanggang adonan hingga kue benar-benar matang.
  2. Apabila kue sudah matang, keluarkan dari dalam panggangan dan diamkan terlebih dahulu hingga dingin. Sebelum dihidangkan, Anda bisa memotong-motong dan menyajikannya pada tempat saji yang telah dipersiapkan.

Resep kue lapis pisang kali ini sudah selesai Anda buat dan dapat langsung Anda nikmati. Untuk menambah kelezatan, Anda dapat menambahkan taburan keju parut di atas potongan kue lapis pisang. Sajikan sebagai kudapan teman bersantai di waktu senggang untuk menambah keceriaan dan kehangatan Anda dan keluarga. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE