Kehangatan Di Setiap Sendok Kembang Tahu | Breaktime
Kehangatan Di Setiap Sendok Kembang Tahu
08.09.2017

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak diolah menjadi beragam menu makanan. Kedelai memiliki banyak manfaat yang memang sangat menyehatkan bagi tubuh. Salah satu olahan kedelai yang sangat bermanfaat adalah kembang tahu. Menu ini bisa dibilang kudapan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Kembang tahu sendiri sudah banyak dikenal di negara-negara seperti Jepang, China, dan Thailand. Beberapa tahun terakhir ini Indonesia juga sempat ramai dengan produk olahan kedelai yang satu ini.

Kandungan nutris dari kembang tahu ini antara lain protein, zat besi, mangaan, selenium, fosfor, dan banyak lainnya. Kembang tahu punya banyak manfaat dari kandungannya. Tetapi sebelumnya mengapa dinamakan kembang tahu, padahal terbuat dari kacang kedelai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gurihnya Resep Masakan Ayam Panggang Parmesan

Dinamakan kembang tahu karena tekstur dan warnanya dibuat menyerupai tahu. Kacang kedelai diolah sedemikian rupa sehingga teksturnya sangat lembut dan lumer di lidah. Kembang tahu memiliki manfaat yang cukup mengejutkan. Kembang tahu mampu merangsang ASI pada ibu menyusui, mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan gangguan diare, mengurangi risiko diabetes mellitus, menurunkan kolesterol, dan mencegah terserang penyakit jantung koroner.

Manfaatnya yang luar biasa membuat kembang tahu dikonsumsi oleh banyak orang yang sedang mengalami salah satu penyakit tersebut. Hal ini terjadi bukan hanya karena kandungan kedelainya saja, tetapi juga diperoleh dari bahan lainnya, yaitu jahe.

Nah, pas banget kan, sebentar lagi kita akan mengalami musim penghujan dan cuaca yang dingin. Di samping manfaatnya yang luar biasa, kembang tahu bisa jadi camilan saat musim penghujan. Kokiku akan memberi resep kembang tahu yang akan menghangatkan tubuh saat hujan.

Kembang Tahu

Kehangatan Di Setiap Sendok Kembang Tahu | Breaktime
Kehangatan kembang tahu di setiap sendoknya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia Dapur Resep Ayam Bakar Kalasan

Bahan-bahan :

  • 250 gram kacang kedelai
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 500 ml air
  • 1 sendok teh agar – agar

Bahan kuah :

  • 750 ml air
  • 150 gram gula jawa
  • 50 gram  jahe
  • 1 lembar daun pandan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manis Gurih Resep Soto Ayam Kudus Bikin Nagih

Cara membuat :

  1. Rendam kacang kedelai hingga kulitnya terbuka dan bisa dipisahkan, cuci bersih.
  2. Blender kacang kedelai dengan air hingga halus, lalu saring dengan kain.
  3. Masak susu kedelai bersama agar – agar dan gula pasir hingga mendidih, lalu angkat, cetak ke dalam cetakan sesuai selera, dinginkan.
  4. Untuk kuahnya, rebus semua bahan kuah hingga matang, lalu siram ke atas kembang tahu.
  5. Sajikan.

Jadi, itulah rahasia mengapa kembang tahu dinamakan seperti itu. Olahan kedelai yang dicampur dengan agar-agar membuat teksturnya jadi sangat lembut. Well, foodies tak perlu menunggu musim penghujan untuk mempraktikkan resep ini di rumah. Anda bisa juga melihat kreasi resep lainnya hanya di kokiku.tv dan jangan lupa untuk subscribe channel Youtube kokiku tv.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE