Kehangatan dan Kesegaran Bubur Kacang Hijau Susu | Breaktime
Kehangatan dan Kesegaran Bubur Kacang Hijau Susu
03.02.2017

Bubur Kacang Hijau yang disajikan hangat memang sanggup menggoda siapapun, ya, B’timers? Dessert yang satu ini memang merupakan sajian yang sangat bernutrisi. Dengan kandungan seperti obat, kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh kacang hijau adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita, B’timers.

Nah, tahukah Anda apa saja kebaikan bagi kesehatan yang disimpan oleh kacang hijau ini? Kacang hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan hati, rambut, kuku dan juga mata. Dan dari sekian banyak manfaat kesehatan kacang hijau, kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya adalah Vitamin A, B, C, D, E dan Vitamin K. Selain itu kacang hijau juga kaya akan kalium, magnesium, seng, protein nabati serta serat.

Dengan kita rutin mengonsumsi kacang hijau, ternyata terbukti dapat membantu dalam mengendalikan berat badan, lho, B’timers! Hal tersebut karena di dalam kacang hijau hanya terkandung sedikit kalori. Dan kandungan serat di dalam kacang hijau, yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, B’timers. So, untuk Anda yang sedang menjalani program diet, sangat wajib mengonsumsi kacang hijau.

Berikut ini resep sederhana untuk membuat Bubur Kacang Hijau Susu sebagai menu sarapan atau teman di sore hari yang hujan. Segera siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini, yuk, B’timers!

Kehangatan dan Kesegaran Bubur Kacang Hijau Susu | Breaktime
Sajikan Bubur Kacang Hijau Susu dalam keadaan hangat

Bahan-bahan Bubur Kacang Hijau Susu:

  • ¼ kg kacang hijau
  • 250 ml susu putih UHT plain
  • 250 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan, cuci hingga bersih
  • 2 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 2 liter air

Cara membuat Bubur Kacang Hijau Susu:

  1. Bersihkan kacang hijau, kemudian cuci dan pisahkanlah antara biji kacang hijau yang masih bagus dengan biji kacang hijau yang sudah rusak.
  2. Siapkan panci ukuran sedang dan isilah dengan 2 liter air. Panaskan di atas api sedang. Lalu masukkan biji kacang hijau hingga matang dengan sempurna.
  3. Gunakan panci yang lain, dan masukkan gula merah dengan 1 gelas air. Rebus kedua bahan tersebut sampai gula merah larut dan tercampur merata.
  4. Kemudian saring campuran gula merah dan tuangkan ke dalam panci yang berisi rebusan kacang hijau.
  5. Ikat simpul daun pandan yang sebelumnya telah dicuci hingga bersih. Sebaiknya pilih daun pandan yang sudah cukup tua. Nah, masukkan daun pandan ke dalam panci.
  6. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduklah hingga semua bahan tercampur dengan merata.
  7. Tuangkan susu UHT plain secara perlahan-lahan ke dalam panci dan jangan lupa untuk terus mengaduk sampai merata. Aduklah selama kurang lebih 10 menit. Angkat.
  8. Dan Bubur Kacang Hijau Susu pun siap dinikmati selagi masih hangat, B’timers.
Kehangatan dan Kesegaran Bubur Kacang Hijau Susu | Breaktime
Kacang hijau yang kaya akan nutrisi bagi kesehatan

Jika Anda tidak ingin terlalu lama merebus kacang hijau, ada tips yang dapat Anda lakukan, lho, B’timers. Caranya adalah dengan merendam biji kacang hijau yang sebelumnya telah dicuci dan dipisahkan biji-biji kacang hijau yang bagus serta yang jelek. Anda bisa merendam kacang hijau tersebut di dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit, B’timers.

Nah, tips lain yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan Bubur Kacang Hijau Susu yang harum serta lezat, hindarilah untuk memasukkan gula merah ke dalam rebusan kacang hijau sebelum kacang hijau matang sempurna, atau mekar, B’timers. Karena jika demikian, maka kacang hijau tidak akan mekar dan tentu akan mengurangi rasa dan tekstur.

Nah, selamat mencoba membuat Bubur Kacang Hijau Susu dengan resep mudah di atas, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE