Ini Rahasianya Kentang Goreng Yang Serenyah Kentang McDonald | Breaktime
Ini Rahasianya Kentang Goreng Yang Serenyah Kentang McDonald
29.04.2018

Kentang goreng crispy memang tidak semudah yang dibayangkan. Berharap kentang goreng serenyah ala kentang goreng restoran siap saji, tapi hasilnya justru lembek. Akhir pekan ini mungkin kamu ingin menyajikan camilan spesial untuk bersantai di rumah. Ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan, untuk membuat kentang goreng buatan sendiri di rumah seenak restoran cepat saji. Caranya terbilang rumit, tapi mumpung besok hari libur, tidak ada salahnya untuk mencobakan.

Pilih ukuran kentang agak besar

Pilih kentang yang segar dan agak besar ukurannya. Ini akan memudahkan untuk memotongnya dan memberikan ukuran stik kentang yang sama dan proporsional. Gunakan pisau tajam untuk memotong, pastikan pisau yang kamu gunakan untuk memotong kentang adalah yang tajam. Ada juga loh alat pemotong yang bisa langsung memotong kentang menjadi stik setebal 1/4 inci atau sekira 1 cm. Ukuran ini paling pas nantinya untuk kematangan dan warna cokelat keemasan yang sempurna ketika digoreng.

Perendaman kentang

Begitu selesai dipotong, stik kentang langsung direndam dalam air yang sudah dicampur dengan cuka. Kemudian tiriskan dan bilas kentang dengan air dingin. Rendam kembali dengan air yang sudah diberi cuka dan rendam semalaman. Cara ini yang akan membuat kentang renyah.

Rebus kentang

Rebus kentang dengan api sedang selama beberapa menit hingga mendidih. Kemudian keringkan. Setelah itu rendam kembali dengan air yang sudah diberi gula selama beberapa menit. Kemudian rendam kembali dengan air yang diberi cuka dan cuci dengan air yang sudah dicampur dengan jeruk nipis. Ini untuk mencegah kentang berubah warna menjadi abu-abu.

Penggorengan kentang

Terapkan metode menggoreng deep frying. Gunakan panci atau wajan bulat dengan minyak banyak agar kentang terendam semua ketika digoreng. Beberapa bahan seperti lemak sapi bisa digunakan untuk menggoreng, agar rasanya semakin gurih dan renyah. Atau jika tidak ingin memakai minyak goreng, Anda juga bisa menggunakan minyak kacang.Goreng kentang selama 45 sampai 60 detik dengan panas api sekira 182 derajat Celcius. Setelah selesai, tempatkan kentang di dalam rak kawat penirisan agar minyaknya kering.

Dibekukan

McDonald selalu memulai dengan kentang goreng yang beku. Sebelum membekukan kentang goreng, pendinginan sangat penting. Tempatkan kentang goreng yang sudah digoreng sebelumnya di loyang kotak dan masukkan ke dalam freezer selama setidaknya empat jam.

Tahap penyelesaian

Setelah kentang goreng didinginkan, maka ini siap untuk digoreng sepenuhnya. Pertama goreng dengan suhu sekira 135 derajat Celcius, kemudian panas ditingkatkan kembali sekira 190 derajat Celcius. Goreng sampai warnanya berubah cokelat keemasan. Untuk memberi rasa asin, taburi sekira satu sendok makan garam laut untuk setiap dua cupkentang goreng.

Selamat mencoba yaah..



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE