Ini Cara Sukses Roti Mengembang Sempurna? | Breaktime
Inginkan Roti Mengembang Sempurna? Ini Cara Suksesnya
08.06.2015

Membuat roti sendiri, siapa yang nggak kepengin hasilnya bertektur lembut dan mengembang sempurna. Sayangnya roti buatan sendiri, lebih banyak gagalnya dibandingkan dengan suksesnya. Terkadang roti yang dibuat memiliki kualitas yang buruk, alot, keras, bahkan gosong dan hambar.

Namun, jangan putus asa, B’timers! Jadikan hal tersebut sebagai pengalaman untuk membuat roti lagi di masa mendatang. Breaktime akan memberikan tips-tips untuk menghasilkan roti yang memiliki kualitas jawara dan mengembang sempurna. Ini dia tips suksesnya:

Ini Cara Sukses Roti Mengembang Sempurna? | Breaktime
Oleskan kuning telur dan susu evaporate untuk hasilkan kulit roti yang mengkilap

Cara Membuat:

  1. Pergunakan tepung terigu campuran protein tinggi dan rendah.
  2. Selalu baca dan teliti tanggal kadaluarsa ragi instan yang digunakan.
  3. Tambahkan margarin dan garam saat adonan sudah tercampur rata dengan tepung dan juga bahan tambahannya.
  4. Tambahkan bread impover ke dalam adonan. Bread impover adalah bahan yang akan membuat kualitas roti yang Anda buat menjadi lebih lembut dan bisa perpanjang umur simpan.
  5. Jangan sampai over proofing (terlalu lembek) karena roti tidak akan bisa lagi mengembang ketika di panggang. Serta, perhatikan lamanya waktu saat proses fermentasi adonan.
  6. Ketika memasukkan adonan ke dalam oven, usahakan untuk memanaskannya terlebih dahulu mencapai suhu sesuai dengan yang diinginkan. Suhu yang belum panas akan berpengaruh pada kualitas roti yang dihasilkan, bisa-bisa menjadi bantat ataupun keras.
  7. Istirahatan kembali roti selama 15 menit jika mau diberi isi di dalamnya agar didapatkan hasil yang sempurna.
  8. Oleskan campuran kuning telur dan juga susu evaporate pada permukaan roti sesaat setelah dikeluarkan dari adonan agar kulit mengkilap.

Itulah beberapa tips yang bisa B’timers terapkan untuk menghasilkan roti dengan kualitas yang bisa dibilang istimewa. Selamat menerapkan!

Share This Article