Gurihnya Resep Masakan Ayam Panggang Parmesan | Breaktime
Gurihnya Resep Masakan Ayam Panggang Parmesan
07.09.2017

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau negeri ini sangat populer dengan kulinernya dari beragam daerah. Kekayaan aneka kuliner khas ini bahkan tak dimiliki oleh negara lain di dunia. Bayangkan saja, hanya resep masakan ayam Indonesia punya berbagai jenis olahan. Jenis-jenis masakan ayam ini pun jelas dilengkapi dengan berbagai rempah yang membuat cita rasa makanan semakin sedap.

Masakan ayam dari berbagai daerah ini pun juga punya nama yang unik dan bikin penasaran. Cara membuatnya memang sedikit lebih rumit, karena banyaknya bumbu yang digunakan. Nggak percaya? Simak saja yuk ulasannya berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manis Gurih Resep Soto Ayam Kudus Bikin Nagih

B’timers akan dibawa ke ujung barat Indonesi, yaitu Aceh dengan masakan Ayam Tangkapnya

Kalau mendengar namanya, masakan ini bukan disantap dengan cara menangkap ayamnya. Itu hanyalah sebuah nama. Ayam tangkap digoreng dengan menggunakan bumbu dan rempah khas dan disajikan bersama dengan dedaunan yang sudah digoreng. Daun yang dipilih antara lain daun kari, daun pandan, dan salam koja. Teksturnya saat dimakan pun sangat kering seperti kerupuk.

Selanjutnya adalah Ayam Napinadar dari Tanah Batak

Masakan ayam ini biasanya disajikan saat ada pesta adat. Masakan ayam ini dimasak dengan resep khusus dan penuh kesabaran. Uniknya, masakan ayam ini menggunakan saus dari darah ayam itu sendiri. Proses memasaknya pun mulai dari memanggang ayam, kemudian disiram dengan darah ayam, dicampur dengan andaliman atau merica batak dan bawang putih, dan terakhir digiling hingga halus.

Kalimantan Timur juga punya Ayam Cicane yang sangat khas

Olahan ayam yang satu ini berasal dari Kota Samarinda, yaitu Ayam Cicane. Masakan ayam ini juga disajikan hanya saat ada pesta besar atau tamu kehormatan yang datang ke Kalimantan Timur. Sekilas mungkin Anda mengira ini adalah ayam bakar biasa. Padahal sebenarnya menggunakan bumbu khusus yang membuat ayam ini terlihat lebih kemerahan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Ayam Kecap Rempah Sensasi Nusantara

Berbeda dengan Ayam Woku khas Sulawesi Utara ini

Manado juga punya olahan ayam khas yang juga dimasak dengan banyak sekali rempah, sehingga memiliki cita rasa yang melekat di lidah. Hal yang paling penting adalah rasa pedasnya. Pulau Sulawesi memang sangat terkenal dengan masakan pedas yang bikin ketagihan. Jadi, bukan Ayam Woku namanya kalau nggak pedas.

Berbagai resep masakan ayam khas Nusantara memang identik dengan rempah-rempah. Tak heran jika untuk membuatnya pun juga membutuhkan waktu. Nah, foodies bisa nih coba buat masakan ayam yang tak terlalu membutuhkan banyak waktu untuk memasak, meskipun menggunakan rempah-rempah.

Baked Parmesan Chicken

Gurihnya Resep Masakan Ayam Panggang Parmesan | Breaktime
Resep masakan ayam panggang keju parmesan

Bahan-bahan: 

  • 2 buah dada ayam, masing-masing potong 4 bagian, pukul-pukul sedikit, lumuri dengan 1 sendok teh garam dan ¼ sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan mentega asin, lelehkan untuk celupan
  • 3 sendok makan mentega asin, lelehkan untuk menumis ayam
  • 1 sendok makan olive oil untuk menumis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah zucchini, potong ½ cm miring
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seblak Samyang: Kombinasi Sempurna Korea-Sunda

Lapisan:

  • 50 gram tepung panir halus
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan keju parmesan

Cara membuat:

  1. Aduk rata semua bahan lapisan. Sisihkan.
  2. Celupkan ayam ke dalam mentega yang sudah dilelehkan. Gulingkan di atas lapisan. Sisihkan.
  3. Panaskan 3 sendok makan mentega asin. Masukkan ayam. Masak sampai matang.
  4. Panaskan olive oil. Masukkan bawang putih. Tumis sampai harum. Masukkan zucchini. Tambahkan garam dan merica bubuk. Masak sampai matang.
  5. Sajikan ayam bersama zucchini.

Well, meski bukan resep masakan ayam khas Indonesia, menu ayam panggang parmesan ini bisa jadi kreasi menu baru untuk keluarga di rumah. Tetapi Anda bisa tetap memasak menu masakan ayam Nusantara dengan resep a la Breaktime di artikel resep lainnya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE