Dua Kue Kering Nikmat dan Lezat untuk Hari Raya | Breaktime
Dua Kue Kering Nikmat dan Lezat untuk Hari Raya
23.06.2017

Lebaran tanpa kue-kue di atas meja rasanya mustahil ya, B’timers. Untuk menjamu tamu yang datang, meja tamu akan penuh dengan berbagai panganan ringan yang manis dan juga mengundang selera. Sebut saja ku nastar, kue putri salju, kue kacang almond, kue keju dan masih banyak lagi kue khas lebaran yang akan berjejer memenuhi meja.

Permintaan pasar pada kue-kue tadi akan melonjak tajam dan untuk rasa yang enak tentu saja sebanding dengan harganya. Untuk lebih irit, B’timers bisa kok membuat kue kering sendiri di rumah. Kue lebaran macamnya tidak melulu harus nastar, kue putri salju, atau kue keju, kue-kue kering berikut ini juga tidak kalah enaknya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Deretan Harga Kue Nastar Jadi Solusi Lebaran

Bentuknya yang unik, rasa yang enak serta aromanya yang lezat bisa mengundang siapapun untuk mencicipinya. Cara pembuatannya juga cukup mudah kok B’timers. Yuk, coba intip cara membuat kue kering lebaran enak berikut ini.

Yang pertama, kue lontong paris. Jangan bayangkan kue satu ini terbuat dari lontong lo, B’timers. Meski Rasanya manis dan memiliki taburan kacang tanah di atasnya membuat rasa kue lontong paris sangat lezat. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kue lontong paris yaitu mentega 250 gram, telur 1 butir, tepung terigu 300 gram, gula halus 75 gram dan maizena 2 sendok makan.

Untuk lapisan karamel pada lontong paris, bahan yang digunakan yaitu gula, air, kacang tanah yang sudah di cincang dan di sangrai. Cara pembuatannya yaitu kocok mentega dan gula halus hingga berwarna putih lalu masukkan telur. Kemudian sedikit demi sedikit masukkan terigu dan tepung maizena dalam adonan. Lalu cetak adonan dan bentuk sesuai selera. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kreasi Resep Kue Nastar Keranjang Nan Imut
Dua Kue Kering Nikmat dan Lezat untuk Hari Raya  | Breaktime
Kue kering keju abon yang gurih dan lezat

Susun adonan dalam loyang yang telah diolesi dengan mentega. Setelah itu di oven dengan suhu 160-180 derajat celsius hingga 30 menit. Di sisi lain, buat lapisan karamel di atas kue lontong paris. Masak gula dengan api kecil hingga gula meleleh dan terus diaduk agar karael tidak gosong. Lalu masukkan air mendidih sedikit demi sedikit. Lalu masukkan kue yang telah diangkat dari oven ke dalam karamel, lalu gulingkan dalam cincangan kacang tanah. Biarkan kue lontong paris hingga dingin dan simpan di dalam toples. 

Berikutnya, Kue kering Keju Abon. Kue kering keju abon gak kalah enaknya lo B’timers. Apalagi rasanya lezat dan pasti bikin ketagihan terus-terusan. Sekali gigit, rasa abon di dalam kue terasa gurih dan legit di mulut. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan oleh B’timers yaitu margarin 150 gram, tepung 1 sdm, garam ¼ sendok teh, maizena 30 gram, kuning telur 2 butir, terigu protein rendah 75 gram dan susu bubuk 20 gram.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Kue Nastar Buat Hari Spesial Lebih Manis

Bahan isiannya abon ayam sebanyak 50 gram. Bahan olesannya menggunakan susu cair 1 sendok teh dan kuning telur 1 buah dan bahan taburan keju parut 25 gram. Cara membuatnya yaitu pertama-tama kocok margarin, tepung dan garam selama 30 detik. Lalu tambahkan kuning telur dan dikocok secara merata. Sedikit demi sedikit masukkan terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan aduk hingga rata.

Masukkan dalam lemari es selama 15 menit untuk mendinginkan adonan. Kemudian adonan digiling tipis lalu dipotiong-potong. Masukkan abonan sebagai isian lalu digulung dan olesi dengan margarin. Taburi keju lalu oven selama 30 menit pada suhu 150 derajat celcius.



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE