Cara Bikin Karedok ala Gado-Gado Boplo | Breaktime
Cuma 2 Step, Bikin Karedok ala Gado-Gado Boplo
11.04.2015

Wisata kuliner tak pernah gagal menarik hati pecinta makanan, entah sekedar minum dan nongkrong di kafe yang cozy atau menikmati makanan berkelas ala restoran mewah bintang lima. Ada juga para penikmat kuliner yang memilih berlangganan di restoran atau warung kesukaan mereka. Apakah B’timers termasuk salah satunya?

Nah, kali ini Breaktime akan mengajak Anda mengunjungi salah satu rumah makan terkenal di daerah Kuningan, yakni Gado-Gado Boplo. Awalnya, usaha kuliner ini hanya berupa warung kecil yang terletak di pasar dekat daerah Boplo. Kini, resto ini telah berkembang pesat dan menjadi sangat populer di Jakarta karena masakannya yang terkenal lezat dan selalu terjaga kualitasnya.

Salah satu menu paling dicari di Gado-Gado Boplo adalah masakan tradisional dari Jawa Barat, karedok. Makanan ini sangat disukai karena perpaduan rasa sayuran dengan saus kacang yang gurih dan pedas begitu memanjakan lidah. Pasti B’timers penasaran dan ingin coba membuatnya sendiri di rumah, terutama bagi yang hobi memasak. Here’s the good news for you! Breaktime akan berbagi resepnya dengan Anda!

Bahan sayuran:

5 lonjor kacang panjang, iris masing-masing  ½ cm
3 lembar kol, iris kasar
3 buah terong bulat, iris tipis
25 gr taoge mentah
1 buah mentimun, potong-potong
5 tangkai kemangi, petik daunnya

Bahan saus kacang:

100 gr kacang tanah goreng, haluskan
2 siung bawang putih
2 buah cabai rawit merah
2 cm kencur
½ sendok teh terasi
¾ sendok teh garam
25 gr gula merah
100 ml air
½ sendok teh air jeruk limau

Cara membuat:

  • Haluskan seluruh bahan untuk saus kacang. Sambil diulek, tambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Masukkan isian karedok ke dalam bumbu, aduk rata. Karedok siap disajikan (untuk 4 porsi).

Dengan bahan yang mudah didapat dan hanya 2 langkah pembuatan, karedok ala Gado-Gado Boplo siap tersaji di meja makan Anda!

Share This Article