Coba Resep Tradisional, Kue Limpung Gula Jawa | Breaktime
Coba Resep Tradisional, Kue Limpung Gula Jawa
02.02.2017

Siapa yang tak menyukai jajanan tradisional, B’timers? Rasanya tak perlu ditanyakan lagi. Salah satu bahan makanan zaman dulu yang paling poluler adalah singkong. Selain diolah dengan cara direbus atau digoreng setelah dibumbui, singkong bisa diolah menjadi aneka kue tradisional yang memiliki rasa khas, lho, B’timers. Sebut saja getuk, kue talam, kolak singkong, putu singkong, tetel singkong, dan ada juga kue limpung gula jawa, yang terbuat dari bahan umbi yang terkenal murah, B’timers.

Nah, sebelum Anda mempraktekkan resep untuk membuat Kue Limpung Gula Jawa, ada baiknya untuk mengintip sebentar manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Singkong yang merupakan sejenis ubi kayu adalah tanaman dari keluarga spurge yang kaya akan kandungan pati. Diduga singkong berasal dari hutan di Amerika Selatan, B’timers. Memiliki rasa yang cenderung manis, singkong ternyata sudah dikenal sebagai akar yang sering dikonsumsi di berbagai negara Afrika, Asia, dan juga Amerika.

Umbi yang satu ini telah menjadi sumber makanan pokok sejak berabad-abad lamanya, lho. Tidak hanya singkong, namun juga ubi, talas, dan kentang, merupakan sumber karbohidrat bagi cukup banyak penduduk pada masanya. Singkong juga merupakan tanaman yang paling mudah untuk tumbuh di tanah tropis, lembab, subur, bahkan di tanah kering sekalipun. Di dalam singkong terkandung hampir dua kali kalori yang ada di dalam kentang. Sebagian berasal dari 69 % sukrosa.

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, singkong merupakan sumber makanan sehat yang bebas dari kandungan lemak. Singkong juga terbukti bebas kandungan gluten. Kandungan vitamin dalam singkong adalah Vitamin K yang menyimpan manfaat untuk membangun massa tulang. Tak banyak diketahui kalau singkong ternyata memiliki peran yang cukup tinggi untuk pengobatan bagi para pasien penyakit kerusakan saraf otak, seperti Alzheimer. Nah, itu alasannya singkong merupakan bahan makanan sehat.

Setelah tahu manfaat singkong untuk kesehatan tubuh, it’s time to mengintip resep membuat Kue Limpung Gula Jawa, B’timers! Siapkan juga bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

Coba Resep Tradisional, Kue Limpung Gula Jawa | Breaktime
Disajikan hangat dengan lumeran gula Jawa. Photo by google.com

Bahan-bahan Kue Limpung Gula Jawa:

  • 1 kg singkong, kupas, bersihkan dan potong-potong
  • Gula Jawa atau gula merah, secukupnya, sisir
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Air, secukupknya, untuk mengukus
  • Minyak, secukupnya, untuk menggoreng

Cara membuat Kue Limpung Gula Jawa:

  1. Panaskan kukusan hingga air benar-benar mendidih. Masukkan singkong yang sebelumnya telah dipotong-potong. Kukus hingga singkong benar-benar matang dengan sempurna.
  2. Keluarkan dan hancurkan singkong selagi masih hangat hingga lembut. Buang serat singkongnya.
  3. Campurkan dengan 1 sendok teh garam dan juga 1 sendok makan gula pasir.
  4. Lembutkan semua bahan hingga benar-benar halus dan tidak ada singkong yang masih terasa menggumpal.
  5. Bentuk bulatan berukuran sekitar satu kepalan tangan anak kecil. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Isi dengan gula Jawa yang sebelumnya telah disisir. Anda bisa menyesuaikan isian gula Jawa.
  7. Cetak menjadi bulatan dan jangan sampai isian gula Jawa terlihat dari luar.
  8. Panaskan minyak goreng dalam wajan besar di atas api sedang. Setelah minyak dirasa sudah cukup panas, goreng Kue Limpung Gula Jawa hingga permukaan berubah warna menjadi coklat keemasan. Angkat dan sajikan di saat masih hangat, B’timers.

Nah, selamat mencoba, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE