Resep Timus Ubi Ungu Dijamin Pasti Ketagihan! | Breaktime
Coba Resep Timus Ubi Ungu, Dijamin Pasti Ketagihan
15.05.2016

Gorengan adalah makanan wajibnya masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di Pulau Jawa. Beberapa jenis gorengan favorit adalah seperti bakwan, bakwan jagung, tahu isi, pisang goreng, tempe mendoan dan lainnya. Nah, ada satu gorengan yang di beberapa wilayah dianggap sebagai primadona. Yups! Namanya timus. Timus adalah gorengan yang dibuat dari ubi jalar yang dihaluskan. Rasanya legit manis luar biasa.

Nah, kali ini Breaktime akan berbagi resep timus yang dibuat dari ubi ungu. Wah, tidak sabar, ya? Langsung saja, yuk!

Bahan-bahan:

  • 500 gram ubi ungu
  • 6 sdm penuh tepung tapioka, ayak
  • 3 sdm penuh tepung terigu, ayak
  • 5 sdm gula merah yang disisir
  • 1 sdm gula pasir
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya
Resep Timus Ubi Ungu Dijamin Pasti Ketagihan! | Breaktime
Timus saat digoreng

Cara membuat:

  1. Matangkan ubi ungu terlebih dahulu sebelum diolah. Bisa dengan dibakar, dikukus atau di-oven. Setelah matang, kupas kulitnya dan hancurkan dagingnya.
  2. Sisihkan ubi ungu di baskom besar, masukkan gula pasir dan gula merah lalu uleni dengan tangan hingga tercampur rata. Dengan menguleni menggunakan tangan Anda akan tahu apakah daging ubi sudah lembut atau belum, B’timers. Perlu dicatat, rahasia kelezatan timus terletak pada kelembutan daging ubinya.
  3. Setelah tercampur rata, masukkan tepung tapioka dan tepung terigu, lalu uleni sekali lagi hingga adonan tercampur lagi.
  4. Nah, kini saatnya membentuk adonan, B’timer. Sebenarnya, bentuk khas timus adalah oval dan memanjang. Namun Anda boleh membentuknya sesuai selera misalnya bulat.
  5. Setelah adonan habis, goreng di atas api panas hingga matang.
  6. Timus ubi ungu yang legit luar biasa siap dinikmati.

Benar, kan? Mudah dibuat dan sangat menggiurkan untuk segera mencicipi. Jangan tunggu lama, selamat berkreasi di dapur dan rasakan istimewanya makanan tradisional Indonesia! (nap)

Share This Article