Clean Eating dengan Aneka Resep Meatloaf Sehat | Breaktime
Clean Eating dengan Aneka Resep Meatloaf Sehat
09.10.2017

Meatloaf atau yang dalam khazanah kuliner Nusantara dikenal juga dengan rolade merupakan jenis makanan pendamping yang kaya akan protein sekaligus lezat dan mengenyangkan. Sama halnya dengan rolade, meatloaf dalam tradisi kuliner Barat merupakan daging cincang yang diolah dengan berbagai rempah dan bahan lainnya seperti telur. Hanya saja, berbeda dengan rolade, meatloaf dibentuk menyerupai gumpalan roti tawar yang belum diiris. Meatloaf yang masih panas mengepul merupakan menu makan malam favorit bersama keluarga, terutama karena bisa disiapkan dalam sekali memasak untuk beberapa kali makan.

Beberapa resep pembuatan meatloaf secara tradisional menambahkan bahan khusus berupa sayur-sayuran untuk meningkatkan keempukan daging. Tak hanya itu, tambahan sayur-sayuran juga bermanfaat menambahkan asupan serat dan antioksidan. Daging meatloaf yang dihasilkan juga dijamin menjadi berukuran ekstra. Meski demikian, seperti comfort food pada umumnya, meatloaf bukan termasuk makanan yang dianggap sehat karena kandungan daging yang mendominasi. Namun bisakah B’timers mengkonsumsi meatloaf sebagai bahan pangan utama dalam diet clean eating Anda?

Turkey-Quinoa Meatloaf

Meatloaf sehat yang satu ini menggunakan daging kalkun sebagai bahan baku utama serta tambahan quinoa untuk asupan protein tanpa lemak. Tidak adanya kandungan gula serta bahan daging kalkun yang lebih sehat daripada daging sapi menjadikan meatloaf yang satu ini sebagai menu yang tepat bagi diet clean eating Anda. Pertama, panaskan oven Anda hingga suhu sekitar 170 derajat Celsius kemudian alaskan permukaan loaf pan Anda dengan kertas roti secukupnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Gurihnya Okonomiyaki Super Bihun Bikin Mouthgasm

Campurkan bahan-bahan Turkey-Quinoa Meatloaf berikut ini dengan menggunakan tangan, yaitu setengah kilogram daging kalkun cincang, satu butir bawang bombay yang telah dicincang halus, satu cup quinoa rebus, satu buah wortel yang tekah dikupas dan diparut, 2 sendok makan peterseli cincang, 2 sendok makan saus tomat, satu telur yang telah dikocok, seperempat sendok teh garam, serta seperempat sendok teh merica hitam. Panggang seluruh bahan yang telah dicampur rata tersebut selama 25 menit. Oleskan saus barbecue tanpa tambahan gula sebanyak seperempat cup kemudian masak kembali selama 10 menit. Dinginkan terlebih dahulu selama 5 menit sebelum disajikan. 

Clean Eating dengan Aneka Resep Meatloaf Sehat  | Breaktime
Dengan tambahan sayur dan aneka kreasi lainnya, sajian meatloaf bisa jadi hidangan sehat

Barbecue Meatloaf Mini Muffins dengan Topping Ubi

Resep meatloaf sehat yang satu ini cukup mudah dibuat serta memiliki daftar komposisi yang cukup sedikit. Bentuknya yang mungil karena dimasak dengan menggunakan kertas cupcake akan menarik minat bagi anak-anak sehingga asupan gizi si kecil dapat dengan mudah terpenuhi. Bahan utama daging sapi dalam meatloaf pada umumnya dapat Anda ganti dengan daging kalkun agar lebih sehat, tak lupa tambahkan sayur-sayuran segar seperti bayam untuk asupan serat. B’timers juga bisa menambahkan bahan berupa ubi atau ubi ungu untuk menambahkan citarasa unik dalam menu makan keluarga Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Memasak Sayur Kukus Lezat Ini Wajib Dicoba

Pertama, panaskan oven hingga 170 derajat Celsius dan letakkan setengah kilogram daging cincang di dalam mangkuk. Panaskan satu sendok teh minyak kelapa di atas wajan dalam api sedang, kemudian tumis sebutir bawang bombay yang telah dicincang hingga layu. Tambahkan dua butir bawang putih yang telah dicincang lalu masak selama sekitar 30 detik atau hingga mengeluarkan aroma sedap. Tambahkan campuran tersebut ke dalam mangkuk berisi daging cincang, lalu tambahkan seperempat cup saus barbecue, setengah sendok teh garam, seperempat sendok teh merica hitam, serta satu setengah sendok teh thyme kering. Campurkan seluruh adonan tersebut hingga rata dengan menggunakan tangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Ikan Bandeng Lezat Kaya Akan Manfaat

Untuk memasak, bagi rata ke dalam muffin pan kemudian panggang selama 20 menit atau hingga daging di bagian tengah tak lagi terlihat berwarna merah muda. Sembari menunggu, kupas dua buah ubi berukuran sedang lalu rebus hingga lunak atau sekitar 10 hingga 12 menit. Tiriskan lalu buat menjadi puree dengan menggunakan sesendok makan minyak kelapa atau mentega. Setelah meatloaf matang, letakkan topping berupa puree ubi di permukaan atasnya. B’timers juga bisa menambahkan saus barbecue bebas gula di atasnya.

Bagaimana, B’timers? Ternyata meatloaf juga bisa jadi menu andalan dalam diet clean eating Anda bukan? Selamat berkreasi ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE