Cara Membuat Ketupat Homemade Mudah Nan Lezat | Breaktime
Cara Membuat Ketupat Homemade Mudah Nan Lezat
12.06.2017

Ketupat tentu telah menjadi salah satu hidangan wajib yang dinikmati saat Lebaran dan disajikan bersama dengan hidangan lain seperti opor ayam. Makanan pengganti nasi ini bahkan telah menjadi salah satu simbol di hari raya Idul Fitri. Membuat ketupat Lebaran tentu menjadi suatu kesenangan tersendiri. Namun bagi yang selama ini hanya makan dan belum pernah tahu cara membuat ketupat, tentu akan sedikit merepotkan.

Jika Lebaran tahun ini Anda berencana untuk membuat ketupat sendiri yang enak dan tidak mudah basi, tentu Anda perlu mengetahui tips dan triknya. Untuk bungkus ketupatnya sendiri jika Anda tidak bisa membuatnya bisa membeli di pasar atau pinggir jalan yang biasanya sangat banyak pada saat menjelang Lebaran. Untuk memudahkan Anda membuat ketupat, berikut ini resep ketupat yang dapat Anda coba.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bikin Menu Ketupat Tahu Bandung Super Lezat

Membuat ketupat bisa dibilang susah-susah gampang. Dibilang gampang karena sudah sangat terkenal, tetapi juga dibilang susah karena jika tidak mengetahui cara membuat ketupat yang benar maka hasilnya tidak akan sempurna. Sebelum B’timers membuat ketupat, akan lebih baik lagi untuk menyiapkan bahan dan segala peralatan yang dibutuhkan. Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat ketupat. 1 liter beras berkualitas bagus, 10 bungkus ketupat, garam secukupnya. Sangat simple bukan?

Cara Membuat Ketupat Homemade Mudah Nan Lezat | Breaktime
Serunya berkreasi dengan cara membuat ketupat sendiri

Selanjutnya langkah – langkah yang harus dilakukan untuk cara membuat ketupat. Pertama – tama, beras dicuci bersih kemudian direndam selama 2 sampai 3 jam dengan sedikit garam. Setelah itu tiriskan. Kedua, Jika beras sudah selesai direndam dan bungkus ketupat sudah siap, masukkan beras ke dalam bungkus ketupat sampai sepertiga bagian atau setengah penuh. Ketiga, ambil dandang besar kemudian isi air. Masak air dan didihkan. Terakhir, masukkan ketupat yang telah diisi beras ke dalam dandang dan masak selama 4 sampai 5 jam.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Resep Pempek Tanpa Ikan Untuk Sajian Buka Puasa!

Langkah-langkah di atas adalah cara sederhana untuk membuat ketupat. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa tips rahasia yang bisa membuat ketupat tambah lezat, harum, dan kenyal? Tidak banyak yang tahu bahwa membuat ketupat istimewa membutuhkan trik tambahan. Berikut adalah beberapa tips mujarab agar ketupat yang kita buat tambah lezat nan nikmat.

Tips pertama, beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Rendam beras selama 30 menit lalu isi ke sarung tempat ketupat hingga ¾ penuh. Untuk menghemat waktu, masukkan calon ketupat kedalam panci yang sudah berisi air mendidih. Menggunakan cara ini bisa menghemat waktu daripada memasukkan calon ketupat ke air yang masih dingin. Setelah diangkat dari rebusan, segera guyur dengan air dingin bersih agar tidak basi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lezatnya! Resep Masakan Ikan untuk Berbuka Puasa

Tips kedua, cuci beras dengan air kapur sirih. Setelah itu dibilas sampai bersih,  beri sedikit garam kemudian diaduk rata. Sesudahnya, isikan setengah penuh ke cangkang ketupat pada umumnya. Tujuan mencuci beras dengan air kapur sirih adalah agar ketupat jadi kenyal. Supaya ketupat berwarna hijau muda, ketika membuat cangkat ketupat, bagian yang berwarna hijau letakkan di sebelah dalam. Supaya ketupat berbau harum, maka ketika merebusnya berilah beberapa helai daun pandan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Maka ketupat akan berwarna hijau cantik harum pandan, serta kenyal dan gurih.

Cara Membuat Ketupat Homemade Mudah Nan Lezat | Breaktime
Cara membuat ketupat sendiri di rumah lebih sehat dan lezat

Kedua tips tersebut bisa digunakan untuk menyempurnakan ketupat yang B’timers buat. Sehingga pada saat hari raya, B’timers bisa berbangga hati dengan cara membuat ketupat sendiri yang tak kalah lezat dengan ketupat yang dibeli di restoran atau di toko makanan. 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE