Cara Memasak Sayur Kukus Lezat Ini Wajib Dicoba | Breaktime
Cara Memasak Sayur Kukus Lezat Ini Wajib Dicoba
07.10.2017

Ketika kita bicara soal sayuran, pastinya masing-masing dari kita punya pendapat masing-masing. Some of you might love it, while others might hate it with passion. Ya, terlepas dari suka tidaknya Anda dengan sayuran, memang tidak bisa dipungkiri kalau sayuran memang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan seratnya juga membantu mencegah Anda dari terkena sembelit, lho.  Cara memasak sayur juga sangat beragam, baik dengan cara direbus, dikukus, ditumis, hingga digoreng menjadi tempura. Bahkan, ada juga lho es krim dari sayuran.  

Tapi hati-hati saat mengolah sayuran, Moms! Kandungan nutrisi di dalam sayuran mudah banget hilang saat proses pengolahan, makanya ahli kesehatan sering menyarankan untuk menyantap sayuran mentah-mentah. Hanya saja, buat ibu hamil mengkonsumsi sayuran mentah termasuk ke dalam pantangan karena bisa bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan seperti infeksi toksoplasma. Jadi, bagaimana nih cara memasak sayur yang benar sehingga Bunda bisa dapat manfaat dari sayuran tersebut?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lupakan Diet, Coba Resep Pisang Nugget Kekinian!

Bagaimana sih Cara Memasak Sayur yang Benar?

Elaine Magee, seorang pakar diet yang juga menjadi pengarang dari buku “Food Synergy: Unleash Hundreds of Powerful Healing Food Combinations to Fight Disease and Live Well” mengatakan, kalau salah satu cara terbaik untuk mengolah makanan adalah dengan mengukusnya. Metode pengukusan sayur dinilai memenuhi standar yang sehat dalam mengolah sayur, yaitu dimana sayur dimasak dengan waktu yang singkat dengan jumlah air yang sedikit. Vitamin yang ada di dalam sayuran termasuk vitamin yang mudah larut oleh air. Jadi dengan sedikitnya jumlah air dan juga durasi pengolahan, semakin sedikit pula resiko sayur kehilangan nutrisinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kelezatan dan Keunikan Resep Kue Bolu Taro

Cara steaming ini dinilai lebih baik dibandingkan dengan metode merebus yang memang membutuhkan waktu dan jumlah air yang jauh lebih besar. That’s being said, merebus sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Hanya saja, air hasil rebusan sayur tersebut wajib turut dikonsumsi, contohnya saat Anda membuat sayur sop. Alasannya adalah karena air rebusan sayur itulah yang mengandung vitamin dari sayuran yang Anda olah. Jika Anda berencana untuk tidak menggunakan air rebusan, sebaiknya Anda memilih metode kukus saja deh, B’Timers.

Tapi, proses mengukus yang salah juga bisa membuat rasa sayuran jadi kurang lezat. Nah, salah satu triknya adalah Anda wajib mengukur air kukusan dengan jumlah yang tepat. Jangan terlalu banyak atau malah terlalu sedikit, ya? Selain itu, tak ada salahnya juga lho untuk menambahkan sedikit rempah-rempah ke dalam air tersebut. Sayuran Anda akan jadi lebih beraroma dan memiliki rasa yang lezat nantinya! Ukuran dari potongan sayur juga harus dalam keadaan sama besar. Besar-kecilnya irisan sayuran berpengaruh pada kecepatan sayur tersebut matang, lho!

Setelah tau triknya, yuk coba resep sayuran lezat berikut ini.

Cara Memasak Sayur Kukus Lezat Ini Wajib Dicoba | Breaktime
Coba yuk cara masak sayur ini

Resep Sayur Kukus Kuah Iga Sapi

Bahan-Bahan:

  • 2 butir kentang berukuran sedang
  • 1 buah wortel
  • 4 buah kacang buncis
  • 2 siung bawang putih
  • Bawang bombay secukupnya
  • ½ gelas air kaldu iga sapi
  • Lada bubuk secukupnya
  • 3 sdm tomat
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdt tepung maizena
  • Gula dan garam secukupnya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sambut Toy Story 4 dengan Hidangan Pizza Unik

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan sayuran hingga bersih. Setelah itu kukus kentang, wortel, dan buncis selama kira-kira 10 menit
  2. Selagi menunggu, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga beraroma harum
  3. Tambahkan air kaldu, saus tiram, saus tomat, dan kecap ke dalam tumisan. Aduk semua bahan hingga rata
  4. Taburi dengan bahan bumbu garam, gula, dan lada bubuk secukupnya sambil di-tes rasa. Tunggu hingga mendidih
  5. Tambahkan larutan maizena, aduk rata dan matikan kompor
  6. Tata sayuran kukus yang sudah matang di atas piring saji dan siram dengan saus
  7. Siap untuk disantap!

Jadi deh hidangan sayur bergizi dan yummy untuk ibu hamil. Selamat mempraktekkan cara meamsak sayur ini! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE