Bumbu Lontong Sayur Khas Medan Lezat dan Sehat | Breaktime
Bumbu Lontong Sayur Khas Medan Lezat dan Sehat
12.06.2017

Lontong merupakan makanan tradisional Indonesia, lontong terbuat dari beras yang dikukus di dalam bungkus dari daun pisang, karena dikukus dalam daun pisang, lontong dapat berwarna hijau di luarnya, sedangkan berwarna putih di dalamnya. Lontong banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia sebagai pengganti nasi putih. Walau juga dibuat dari beras lontong memiliki aroma yang khas. Lontong Sayur Medan memiliki cita rasa yang lebih enak dibanding dengan lontong dari daerah lainnya. Pasalnya menu ini memiliki khas lebih lengkap bumbu lontong sayur dan bahan-bahannya.

Lontong sayur adalah salah satu kudapan yang sangat pas untuk dijadikan menu sarapan Anda dan keluarga di pagi hari. Selain karena resep lontong sayur ini sangatlah mudah sehingga sekali pun anda masih harus bekerja Anda bisa tetap menyiapkan sarapan dengan menu ini tanpa harus kesiangan karena terlambat masuk kantor. Makanan khas nusantara ini tersebar di beberapa kota di Indonesia yang juga memiliki sajian khas menu lontong sayur yang berbeda di setiap daerah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kreasi Cara Memasak Sayur Untuk Isian Risol Ayam

Pada dasarnya, resep lontong sayur enak itu mirip sekali dengan resep ketupat sayur. Bumbu lontong sayur dan cara membuatnya hampir sama juga dengan ketupat sayur. Perbedaannya cuma di bentuk lontong yang memanjang dan lebih lembek daripada ketupat yang berbentuk kotak dan teksturnya agak sedikit padat. Sebenarnya sih bukan cuma buat sarapan pagi saja menu masakan ini cocok dimakan, tetapi bisa juga buat makan siang, makan malam atau saat ada acara spesial di rumah, seperti arisan keluarga, acara perpisahan, halal bihalal dan acara-acara yang lainnya. Lontong ditambah kuah lontong sayur dengan bahan pelengkap seperti kerupuk, bawang goreng dan sebutir telur rebus, resep masakan Indonesia ini tidak kalah lezat dan enak untuk dijadikan salah satu menu andalan di acara spesial yang diadakan di rumah.

Bumbu Lontong Sayur Khas Medan Lezat dan Sehat | Breaktime
Lontong sayur Medan

Khusus lontong sayur khas Medan memiliki cita rasa yang sangat nikmat dengan hidangan kompleks yang terdiri dari berbagai jenis sayur dan sambal yang bervariasi sehingga rasa akhir sangat nikmat di lidah penggemar kuliner. Yuk kita simak resep bumbu lontong sayur khas medan. Untuk membuat lontong sayur khas medan, bahan – bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah labu siam, 1 ikat kacang panjang, 200gr nangka muda, 400ml santan, 1 batang serai. Siapkan juga bumbu yang harus dihaluskan seperti 3 bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 buah cabai merah, 3cm jahe, 3cm lengkuas, 2cm kunyit, beberapa butir kemiri, dan garam secukupnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lezat serta Simple! Ini Resep Sayur Bayam Tumis!

Cara membuat bumbu lontong sayur khas medan ini tidak susah. Pertama, siapkan wajan kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai beraroma wangi. Kedua, tuanglah santan dan masukan serai. Masaklah dengan api sedang hingga mendidih kemudian tambahkan nangka muda. Ketiga, masaklah hingga kuah santan berkurang kemudian tambahkan labu siam dan kacang panjang. Keempat, aduk dan masak terung hingga kacang panjangnya matang. Terakhir, sajikan lontong sayur dengan bahan pelengkap seperti kerupuk dan telur rebus.

Bumbu Lontong Sayur Khas Medan Lezat dan Sehat | Breaktime
Kelezatan lontong sayur
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aneka Resep Kue Kering Lebaran yang Kaya Selera!

Lontong nasi boleh menggunakan lontong plastik, lontong daun pisang, ataupun menggunakan ketupat. Lontong sayur khas Sumatra Utara ini punya keunikan dalam bumbu sayur gurih labu siam. Dengan tambahan nangka muda plus kacang panjang membuat makanan ini bertambah spesial. Demikian rahasia kumpulan aneka resepi lontong sayur khas Medan, Sumatera Utara sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk sarapan pagi dan untuk konsumsi sendiri maupun untuk usaha jualan aneka lontong Medan. Untuk membuat lontong khas medan sama seperti lontong pada umumnya, yaitu menggunakan beras putih. Resep dan bumbu lontong sayur di atas merupakan resep makanan sehat untuk sarapan pagi B’timers.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE